Analisis Pengaruh Game Online Mobile Legends dalam Pembelajaran IPS
Keywords:
Game Online, Mobile Legends, Pembelajaran IPSAbstract
Pada masa perkembangan zaman pada saat ini meningkatnya tingkat penggunaan teknologi seperti Handphone, Komputer, Laptop, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi tersebut sudah tidak dapat dipungkiri kembali dikarenakan zaman yang semakin maju dan manusia harus bisa mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal pada perubahan zaman. Dampak dari adanya perkembangan teknologi ini yaitu seperti mudahnya akses internet dalam mencari berbagai informasi, lebih cenderung bermain HP dan tidak peduli terhadap sekitar, meningkatnya game online, dan masih banyak lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menganalisis dari berbagai sumber terkait pengaruh Game Online Mobile Legends dalam Pembelajaran IPS. Metode Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Dengan tahapan mengumpulkan, mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh game online Mobile Legends yang akan berdampak pada salah satu mata pelajaran di sekolah yaitu IPS.
Downloads
References
Barseli, M., & Sriwahyuningsih, V. (2023). Peran game online mobile legends sebagai pemicu turunnya motivasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 164-169.
Daud, R. F., Marini, M., & Monica, D. (2022). Pengaruh Game Online “Mobile Legend” dan Psikologi Anak Terhadap Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Keluarga. Empiricism Journal, 3(2), 254-263.
Halijah, H., Satnawati, S., & Ulfa, A. Y. (2023). Dampak Game Online Terhadap Pembelajaran. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA" YPTK" PADANG, 93-99.
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.
Irwandi, D., Masykur, R., & Suherman, S. (2021). Korelasi Kecanduan Mobile Legends Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(3), 292-299.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446-452.
Putri, R. C. S., & Kokotiasa, W. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1-7.
Ramadhan, N. S., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Mobile Legend pada Siswa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 430-441.
Ramadhan, R. F., Dalimunthe, R. Z., & Conia, P. D. D. (2023). Hubungan kecanduan game online mobile legends terhadap perilaku trash talking. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 1-11.
Rohman, K. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat, 2(1), 155-172.
Sekolah Menengah Pertama Negeri 268 Jakarta. “Alamat Sekolah”. Tersedia di Smpn268jakarta.sch.id
Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(1), 10-14.
Soeharno, A., & Pamungkas, A. A. (2023). Opini Siswa terhadap Siswa yang Mengalami Kecanduan Game Online di Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Tanggul. Jurnal Parenting dan Anak, 1(1), 10-10.
Swadharma, I. K. N. (2022). Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran IPS SMP Negeri 9 Denpasar Bali. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 521-528.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Abdul Aziz, Desy Safitri, Sujarwo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.