INOVASI PEMBELAJARAN IPS DI ERA DIGITAL : MENYISIPKAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN
Keywords:
Inovasi, IPS, TeknologiAbstract
Inovasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di era digital membuka peluang baru untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan. Artikel ini membahas konsep menyisipkan teknologi dalam pembelajaran IPS sebagai pendekatan yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan fokus pada penggunaan platform pembelajaran online, visualisasi data, simulasi Realitas Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR), serta kolaborasi daring, artikel ini menjelaskan bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk merancang pembelajaran yang dinamis dan menarik. Selain itu, penekanan diberikan pada aspek literasi media, literasi informasi digital, dan adaptasi kurikulum berbasis teknologi untuk memenuhi tuntutan masyarakat digital. Sumber daya belajar digital, evaluasi interaktif, dan keamanan data juga diperhatikan untuk memastikan integritas dan kualitas pembelajaran. Melalui pembaruan kontinu dan keterlibatan orang tua, artikel ini menggarisbawahi bahwa menyisipkan teknologi dalam pembelajaran IPS dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan pendidikan di era digital.
Downloads
References
Farida, S. (2015, May). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015 (Vol. 1, No. 1).
Ibrohim, A., & Pd, S. (2018). Jejak inovasi pembelajaran IPS: Mengembangkan profesi guru pembelajar. Penerbit LeutikaPrio.
Puspitasari, E. (2016). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).
Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran di Kelas. ( 2022, November 23). Diambil Kembali dari Kompasiana :
Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi. (2020, Juli 6). Diambil dari Divedigital : https://divedigital.id/apa-itu-era-digital
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hilmi Tazkia, Desy Safitri, Sujarwo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.