INOVASI PEMBELAJARAN IPS DI ERA DIGITAL : MENYISIPKAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Hilmi Tazkia Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta
  • Desy Safitri Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Inovasi, IPS, Teknologi

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di era digital membuka peluang baru untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan. Artikel ini membahas konsep menyisipkan teknologi dalam pembelajaran IPS sebagai pendekatan yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan fokus pada penggunaan platform pembelajaran online, visualisasi data, simulasi Realitas Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR), serta kolaborasi daring, artikel ini menjelaskan bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk merancang pembelajaran yang dinamis dan menarik. Selain itu, penekanan diberikan pada aspek literasi media, literasi informasi digital, dan adaptasi kurikulum berbasis teknologi untuk memenuhi tuntutan masyarakat digital. Sumber daya belajar digital, evaluasi interaktif, dan keamanan data juga diperhatikan untuk memastikan integritas dan kualitas pembelajaran. Melalui pembaruan kontinu dan keterlibatan orang tua, artikel ini menggarisbawahi bahwa menyisipkan teknologi dalam pembelajaran IPS dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan pendidikan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, S. (2015, May). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015 (Vol. 1, No. 1).

Ibrohim, A., & Pd, S. (2018). Jejak inovasi pembelajaran IPS: Mengembangkan profesi guru pembelajar. Penerbit LeutikaPrio.

Puspitasari, E. (2016). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran di Kelas. ( 2022, November 23). Diambil Kembali dari Kompasiana :

https://www.kompasiana.com/jkalundang/637d95104addee6196047d55/penggunaan-teknologi-dalam-proses-pembelajaran-di-kelas

Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi. (2020, Juli 6). Diambil dari Divedigital : https://divedigital.id/apa-itu-era-digital

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hilmi Tazkia, Desy Safitri, & Sujarwo. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN IPS DI ERA DIGITAL : MENYISIPKAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3116–3121. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/349

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.