SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KENAIKAN GAJI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB PADA PT. RITELINDO PRATAMA

Authors

  • Sartika Lina Mulani Sitio Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang

Keywords:

Perancangan, Aplikasi, Kenaikan Gaji

Abstract

PT. Ritelindo Pratama merupakan salah satu perusahaan dibidang jasa yang sedang berkembang di tangerang selatan, memerlukan banyak dukungan teknologi informatika karena perusahaan ini masih menggunakan sistem kenaikan gaji dengan cara manual. PT. Ritelindo Pratama terus berupaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas kinerjanya. Dirasakan adanya ketidak tepatan hasil penilaian kenaikan gaji karyawan dari sistem yang berjalan saat ini seperti perhitungan kenaikan gaji karyawan, pembuatan laporan kenaikan gaji karyawan yang masih di lakukan secara manual sehingga menghasilkan hasil yang kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) yang membantu manajemen PT. Ritelindo Pratama dalam proses pengambilan keputusan terkait kenaikan gaji karyawan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk memberikan bobot pada kriteria yang relevan dalam proses evaluasi karyawan. Penelitian ini melibatkan analisis terhadap kriteria-kriteria yang mempengaruhi kenaikan gaji, seperti kinerja kerja, masa kerja, tingkat pendidikan, dan lainnya. Data karyawan dari PT. Ritelindo Pratama akan dikumpulkan dan diolah menggunakan metode SAW untuk menghasilkan peringkat karyawan yang layak mendapatkan kenaikan gaji. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat memberikan rekomendasi yang objektif dan transparan bagi manajemen perusahaan dalam proses pengambilan keputusan terkait kenaikan gaji karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Hidayatullah Et Al., “Sistem Informasi Administrasi Berbasis Website Pada Paudqu Al Kariim Islamic School,” Vol. 1, No. 4, Pp. 770–775, 2023.

A. Setiadi, Y. Yunita, And A. R. Ningsih, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting(Saw) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer), Vol. 7, No. 2, Pp. 104–109, 2018, Doi: 10.32736/Sisfokom.V7i2.572.

Y. Lestari, S. Sunardi, And A. Fadlil, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Dan Pemilihan Jurusan Dengan Metode Ahp Dan Saw,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 6, No. 3, P. 1607, 2022, Doi: 10.30865/Mib.V6i3.4227.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, And D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. Dan Komun., Vol. 14, No. 4, Pp. 13–23, 2021, Doi: 10.35969/Interkom.V14i4.78.

I. Kusyadi And S. L. M. Sitio, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Potongan Biaya Spp Berbasis Web Menggunakan Simple Additive Weighting. Eureka Media Aksara, 2024.

I. S. Widiati Et Al., “Penerapan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Aplikasi Restoran”.

H. Francis, “Basis Data”.

W. Setyo Prabowo And C. Agustina, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web Pada Smk Negeri 1 Purworejo,” J. Khatulistiwa Inform., Vol. V, No. 1, Pp. 48–57, 2017.

M. Badrul, R. Ardy, S. Nusa Mandiri Jl Jatiwaringin Raya No, And K. Cipinang Melayu Jakarta Timur, “Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru,” 2021.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Sartika Lina Mulani Sitio. (2024). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KENAIKAN GAJI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB PADA PT. RITELINDO PRATAMA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3130–3137. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/351

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.