Upaya Peningkatan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Aulia Tamimi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Dinda Octafriyanda Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Ratih Susanti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Anisah Situmorang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Joy Firdaus Silalahi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Hasanul Fikri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Teks Prosedur, Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memproduksi teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TPM 1 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur, kaidah kebahasaan, dan mengonstruksi teks prosedur. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 15% dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Kemudian, pada siklus kedua, terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20% dibandingkan dengan siklus pertama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning efektif untuk meningkatkan pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan mampu membangun pemahaman mereka sendiri melalui proses penemuan yang difasilitasi oleh guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Khoirun Nisa, R. (2022). Efektivitas Video Animasi Terhadap Keterampilan Bercerita. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SNHRP) yang diselenggarakan oleh Pascasajarna Universitas PGRI Adi Buana, tanggal 6 April 2022. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.

Ma'ruf, A. J. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta: Laksana.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1), 134-45.

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1060-1064.

Sakman. (2020). Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Video Youtube. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, 15(1), 28-35.

Sulistyani, P. S, dan Setyami, I. 2021. Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: Guepedia The First On Publisher.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Aulia Tamimi, Dinda Octafriyanda, Ratih Susanti, Anisah Situmorang, Joy Firdaus Silalahi, & Hasanul Fikri. (2024). Upaya Peningkatan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3168–3182. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/356

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.