Implementasi Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara

Authors

  • Alfazri Alfazri UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Implementasi, Evaluasi, Autentik

Abstract

Persoalan evaluasi dapat mengukur suatu tingkat keberhasilan dalam menjalankan pendidikan. Dalam perkembangan evaluasi, hasil pembelajaran siswa sejalan dengan perkembangan kurikulum yang dipergunakan. penilaian autentik juga merupakan penilaian alternatif, apabila peserta didik melakukan, menerapkan atau melaksanakan suatu tugas dalam kenyataan nyata/ rill. Tetapi, tidak semua teknik penilaian alternatif dapat di gunakan dalam penilaian autentik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif yang dihitung secara manual diperoleh melalui observasi dan wawancara untuk menjawab pertanyaan dari penelitian. Berdasarkan analisis data diperoleh dari penelitian ini dikategorikan sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini diketahui dari rekapitulasi hasil observasi sebesar 83,37 % yang berarti Sangat Baik. Faktor yang mempengaruhi implementasi evaluasi autentik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs PP Assalam Naga Beralih Kec. Kampar Utara meliputi Kepala sekolah, aktivitas peserta didik, fasilitas madrasah seperti: Labor dan perpustakaan, Kepala Madrasah memberikan pelatihan bagi guru, kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru, media pembelajaran, kesiapan peserta didik, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan ekstrakurikuler. Melalui hasil observasi dan wawancara, implementasi evaluasi autentik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs PP Assalam Naga Beralih Kec. Kampar Utara berjalan baik. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi peneliti terhadap guru Akidah Akhlak di MTs PP Assalam Naga Beralih Kec. Kampar Utara. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi evaluasi autentik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs PP Assalam Naga Beralih Kec. Kampar Utara yaitu Kepala sekolah, aktivitas peserta didik, fasilitas madrasah seperti: Labor dan perpustakaan, Kepala Madrasah memberikan pelatihan bagi guru, kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru, media pembelajaran, kesiapan peserta didik, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, M. (2022). Evaluasi pendidikan. Deepublish.

Dinata, S. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Tazkiyatun Nafs Pada Siswa SMPN 1 Tempuling. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 58–66.

Joko, W. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013). UNIPMA Press.

Kunandar, K. (2013). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers, 16–18.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.

Muri, Y. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Ramayulis, I. P. I. (2004). cet. IV. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridwan, R. (2021). Relasi Hukum Dan Moral Perspektif Imperative Categories. Fundamental: Jurnal Ilmiah Hukum, 10(1), 18–32.

Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293.

Sani, R. A. (2022). Penilaian autentik. Bumi Aksara.

Sudijono, A. (2021). Pengantar statistik pendidikan.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.

Zein, M. (n.d.). Miterianifa.(2016). Evaluasi Pembelajaran Kimia (Model Integrasi Sains Dengan Islam). Cahaya Firdaus.

Zein, M., & Darto, D. (2012). Evaluasi pembelajaran matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Alfazri, A. (2024). Implementasi Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2868–2878. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/360

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.