Pengaruh Interaksi Sosial di Media Sosial terhadap Kejadian Cyberbullying dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental Remaja

Authors

  • Razaky Azhar Rosadi Universitas Pembangunan Jaya
  • Bramantio Risky Hamzah Universitas Pembangunan Jaya
  • Ruben Rafi Delano Universitas Pembangunan Jaya
  • Geofakta Razali Universitas Pembangunan Jaya

Keywords:

Media Sosial, Interaksi Sosial, Cyberbullying, Kesehatan Mental Remaja

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak individu, terutama di kalangan anak muda yang hampir di setiap detiknya berhadapan dengan media sosial. Namun, bersamaan dengan pertumbuhan ini, terdapat juga peningkatan kekhawatiran akan fenomena yang sering terjadi dalam media sosial. Cyberbullying yang melibatkan pengguna media sosial, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial di media sosial terhadap kejadian cyberbullying di kalangan pengguna muda. Dengan menggunakan metode analisis regresi, penelitian ini menentukan hubungan antara pola interaksi sosial di media sosial dan risiko cyberbullying yang dihadapi oleh remaja dan dewasa muda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat paparan cyberbullying terhadap kesehatan mental remaja. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja dalam era digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalangan remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 257-262.

Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(8), 257-263.

Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704-706.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Razaky Azhar Rosadi, Bramantio Risky Hamzah, Ruben Rafi Delano, & Geofakta Razali. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial di Media Sosial terhadap Kejadian Cyberbullying dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3242–3245. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/372

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.