Menganalisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karya Ilmiah Proposal Praktik Kerja Stmik Triguna Dharma Dengan Judul “Pendataan Pemuktakhiran Pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk Pematang Siantar”

Authors

  • Ernes Susanti Tarigan Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Amanda Olivia Munthe Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Chrysanta Monica Ginting Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kesalahan berbahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia pada proposal Pendataan Pemuktahiran Pelanggan PT.Telekomunikasi Indonesia.Tbk Pematang siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Objek penelitian Pelanggan Pada PT Telkom Pematang siantar dengan data yang berbentuk sebuah Proposal Kerja Pratik. Pengumpulan data menggunakan data documenter. Hasil penelitian tersebut menunjukkan kesalahan yang terdapat pada laporan pelanggan PT.Telkom berupa kesalahan tanda baca, kekeliuran kata yang masih belum sesuai dengan kalimat yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa indonesia teori dan praktik, Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2011). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa, Bandung: Angkasa.

Alwi H., Dardjowidjojo Soenjono, Lapoliwa H., Moeliono Anton. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa dan Balai Pustaka. Jakarta.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddono, K. (2012). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam karangan eksposisi siswa sekolah menengahatas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(1), 40-53.

Dewi, N. A., Rasna, I., & Sudiara, I. S. (2014). Analisis kesalahan bahasa indonesia pada esai mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia: sebuah kajian ejaan, diksi, dan struktur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 2(1) , 1-10.

Ndjoeroemana, Y. (2012). Pengembangan Model Inkuiri Sosial yang Dimodifikasi pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kristen Wirawacana Sumba NTT. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).

Puspitasari, A. (2017). Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Tamaddun, 16(2), 81-87.

Ramaniyar, E. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Penelitian Mini Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 70-80.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Ernes Susanti Tarigan, Amanda Olivia Munthe, Chrysanta Monica Ginting, & Mustika Wati Siregar. (2024). Menganalisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karya Ilmiah Proposal Praktik Kerja Stmik Triguna Dharma Dengan Judul “Pendataan Pemuktakhiran Pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk Pematang Siantar”. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3294–3300. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/377

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.