Peran Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP

Authors

  • Veriana Universitas Negeri Jakarta
  • Desy Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

outdoor study, motivasi belajar, pembelajaran ips

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran metode outdoor study dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode outdoor study memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP. Hal ini dibuktikan dengan beberapa temuan, yaitu: (1) Meningkatnya rasa keingintahuan dan antusiasme peserta didik, (2) Peningkatan keterlibatan dan interaksi sosial, dan (3) Pemberian tantangan dan pengalaman baru. Metode outdoor study memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, dan menantang bagi siswa, sehingga mampu meningkatkan minat belajar mereka. Selain itu, pembelajaran di luar kelas juga mendorong interaksi sosial yang lebih intensif, peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dan pengembangan keterampilan praktis serta kemampuan observasi yang lebih tajam. Meskipun memiliki banyak kelebihan, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti risiko siswa tersesat, gangguan konsentrasi, dan keterbatasan waktu. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, diperlukan pengawasan yang cermat, pembentukan kelompok siswa, pembuatan aturan dan regulasi, serta pemilihan objek pembelajaran yang tepat oleh guru. Dengan demikian, metode outdoor study dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP, serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia Vera. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.

Anna Farida, dkk. (2012). Sekolah yang Menyenangkan: Metode Kreaktif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa. Bandung: Nuansa.

Bintari, U. R. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Di Smpn 1 Balaraja (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fitroh, H. U. (2016). Efektivitas Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Social Studies, 1(3).

Haryanto, T., & Sriyanto, S. (2022). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode outdoor study. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 596-603.

Has, S. A. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa New Normal. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 52-66.

Ilmi, A. R. (2019). implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajoar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 1 mlarak ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Karlina, Y., & Pnedidikan, P. (2022). Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).

Manungki, I., & Manahung, M. R. (2021). Outdoor learning sebagai metode pembelajaran ips untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP 5 Muhammadiyah. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 2(1), 82-109.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ratna, K. N. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rusmi, Badruzzaman, &

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, H. (2017). Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Veriana, Desy Safitri, & Sujarwo. (2024). Peran Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3345–3354. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/381

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.