ANALISIS MAKNA SEMANTIK PADA PUISI TAK SEPADAN KARYA CHAIRIL ANWAR

Authors

  • Yosika Silaen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Tiara Lira Simanjorang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Meitya Rachadaika Siregar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Makna, Puisi, Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis makna semantik pada puisi Tak sepadan karya Chairil Anwar. Melaui pendekatan semantik penelitian ini mencoba untuk mengali makna-makna yang terkandung dalam kata-kata dan struktur linguistik yang digunakan oleh penyair. Metode analisi semantik digunakan untuk membedah makna kata demi kata serta hubungan makna antar kata dan kelompok kata dalam puisi. Data dikumpulkan dari teks asli puisi serta tinjaun kritis terhadap karya dan kontesk sosial penyair.Hasil analisis menunjukkan bahwa puisi tak sepadan mengahadirkan kompleksitas makna yang mencerminkan konflik emosional dan psikologis yang mendalam, serta gambaran kehidupan yang penuh dengan ketidak sempurnaan dan kontradiksi. Penellitian ini diharapkand dapat memeberikan kontribusi dalam pemahaman lebih mendalam terhadap karya sastra chairil anwar, serta memperkaya wawasan tentang penggunaan bahasa dalam menciptakan karya sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ganie, T. N. (2015). Buku Induk Bahasa Indonesia: Pantun, Puisi, Syair, Peribahasa, Gurindam, dan Majas. Yogyakarta: Araska.

Syahid, A. (2019). Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Shalawat Nissa Sabyan dan Implikasinya terhadap Studi Stilistika (Ilmu Uslub). Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(1), 195- 211.

Wahyuni, L. (2017). Pembentukan Citra Diri dalam Puisi Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana Karya KH. A. Mustofa Bisri. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 187-19

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Yosika Silaen, Tiara Lira Simanjorang, & Meitya Rachadaika Siregar. (2024). ANALISIS MAKNA SEMANTIK PADA PUISI TAK SEPADAN KARYA CHAIRIL ANWAR. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3434–3438. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/395

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.