NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PODCAST SEBELUM TIDUR “SELAGI MUDA COBAIN AJA SEMUANYA” DALAM KAJIAN ANALISIS WACANA

Authors

  • Fitri Andini Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Lidia Hutabarat Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Maharani Malau Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Romayana Sinurat Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Malan Lubis Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis Wacana, Podcast, Nilai Pendidikan

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  mendeskripsikan mengenai  nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam podcast sebelum tidur yang difokuskan  pada topik‘Selagi Muda Cobain Aja Semuanya’ dengan menggunakan analisis wacana, penelitian ini menemukan bahwa podcast tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan yang relevan dan bervariasi, termasuk nilai-nilai kesadaran diri, kesadaran lingkungan, kesadaran budaya, dan kesadaran sosial. Nilai-nilai tersebut diperoleh melalui analisis wacana yang dilakukan terhadap isi podcast, struktur, dan gaya bahasa yang digunakan. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Data penelitian akan dikumpulkan melalui transkrip podcast "Selagi Muda Cobain Aja Semuanya". Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan analisis wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa podcast ‘Selagi Muda Cobain Aja Semuanya’ dapat menjadi sumber pendidikan yang efektif dalam meningkatkan kesadaran diri, kesadaran lingkungan, kesadaran budaya, dan kesadaran sosial pada generasi muda. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif melalui penggunaan media podcast sebagai sarana pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, S., Pratama, Z. W., Lina, E., Fahdilla, N., Sari, P. Y., & Zenita, R. (2022). Pelestarian Tradisi Pesta Laut Di Kelurahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara Melalui Podcast Budaya: Preserving Pesta Laut Tradition in Kuala Samboja Ward, Samboja Subdistrict, Kutai Kartanegara District through Culture Podcast. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 64-73.

Imarshan, I. (2021). Popularitas podcast sebagai pilihan sumber informasi bagi masyarakat sejak pandemi covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213-221.

Sampurna, A., Fathurrahman, A., Pohan, D. S., Zaki, M. F., Lubis, H. A., Wulandari, S., & Putri, S. S. (2024). Eksistensi Radio dalam Program Podcast di Era Digital Konten. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4815-4820.

Youtube, https://youtu.be/vnQi9WCYm1M?si=rf2RGimBrXjAH6Bk Selagi Muda Cobain Aja Semuanya. yang diunggah pada tanggal 24 Feb 2020

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Fitri Andini, Lidia Hutabarat, Maharani Malau, Romayana Sinurat, Malan Lubis, & Mustika Wati Siregar. (2024). NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PODCAST SEBELUM TIDUR “SELAGI MUDA COBAIN AJA SEMUANYA” DALAM KAJIAN ANALISIS WACANA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3467–3474. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/400

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.