Penggunaan Game Wildschlange sebagai Bahan Ajar Tambahan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas XI Semester 2 Materi Essen und Trinken sebagai Konten Utama

Authors

  • Devi Triana Purba Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Mova Sabrina Naibaho Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Nazmi Atika Hasibuan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Ririn Anjeli Hutagaol Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Yopita Desriana Butar Butar Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Surya Masniari Hutagulung Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Game Wildschlange, Keterampilan Membaca, Essen und Trinken

Abstract

Penggunaan Game Wildschlange sebagai Bahan Ajar Tambahan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas XI Semester 2 dengan Materi Essen und Trinken sebagai Konten Utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan game Wildschlange sebagai bahan ajar tambahan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas XI semester 2 dengan materi Essen und Trinken sebagai konten utama. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game Wildschlange dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa game Wildschlange dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas XI semester 2 dengan materi Essen und Trinken sebagai konten utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.

Azhari Ritonga Annida,Dkk. 2023. Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Kelas Tinggi Di Tingkat MI/SD. Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa.

E. Mulyasa, H. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Heuken SJ, Adolf. 2007. Kamus Jerman Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ismail, M. Ilyas. 2020. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prasetyaningsih, Novitasari. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Permainan Kartu Kata Bagi Siswa Kelas II A SDN Sinduadi 1 Sleman. UNY. http://eprints.uny.ac.id/7871/.

Saefudin. 2012. Penerapan Metode Permainan Menggunakan Kartu Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/ar ticle/view/284/166 Vol 1. No 2

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca Terpadu. Bahan Kursus Pendalaman Materi Guru Inti PKG Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: IKIP.

Westhoff, Gerard. 1997. Fertigkeit Lesen. Berlin: Langenscheidt. Wiguna, A. P. 2014. Analisis Penggunaan Instrumen Tes Berbasis Ranking Task dan Urain dalam Mengukur Prestasi Belajar Fisika Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Worms Zone. [Online]. Tersedia di (https://worms.zone/), diakses 24 April 2021. Zaim, M. 2016. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Devi Triana Purba, Mova Sabrina Naibaho, Nazmi Atika Hasibuan, Ririn Anjeli Hutagaol, Yopita Desriana Butar Butar, & Surya Masniari Hutagulung. (2024). Penggunaan Game Wildschlange sebagai Bahan Ajar Tambahan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas XI Semester 2 Materi Essen und Trinken sebagai Konten Utama. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3483–3495. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/402

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.