Komunikasi Keluarga sebagai Prediktor Perilaku Anak di Sekolah: Studi Regresi Linear

Authors

  • Yulia Chandra Safitri Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya
  • Yogi Prassetio Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya
  • Saskia Putri Isnaini Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya
  • Geofakta Razali Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya

Keywords:

Komunikasi Keluarga, Interaksi Keluarga, Perilaku Anak

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi dampak kurangnya dukungan komunikasi keluarga terhadap pendidikan anak pada perilaku siswa di sekolah. Studi ini melibatkan analisis kasus dari beberapa siswa di tingkat sekolah menengah pertama yang mempunyai pengalaman terhadap kurangnya dukungan komunikasi keluarga dalam hal pekerjaan rumah, Pembentukan Karakter, Motivasi terhadap keseharian dan interaksi sehari-hari yang mendukung pendidikan. Data dikumpulkan melalui proses observasi langsung, penyebaran kuesioner, serta evaluasi perilaku dan kinerja akademik siswa di sekolah. Studi ini menyoroti aspek yang menjadi faktor pentingnya komunikasi keluarga yang mendukung dalam membentuk perilaku anak di lingkungan sekolah. Implikasi penelitian ini menekankan perlu adanya intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya peran atau kehadiran mereka dalam mendukung pendidikan anak. Program-program pelatihan orang tua dan dukungan komunikasi keluarga dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dan mengurangi dampak negatif kurangnya dukungan komunikasi keluarga terhadap perilaku siswa di sekolah. Penelitian mendatang dapat mengeksplorasi lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang dapat menjadi jalan tengah hubungan antara komunikasi keluarga dan perilaku anak, serta mengidentifikasi strategi intervensi yang lebih spesifik dan efektif untuk meningkatkan kualitas komunikasi keluarga dalam konteks pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Academia, A. (2023, February 25). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Kuantitatif, Contoh Kasus Dan Ulasan. Ascarya Solution. Retrieved March 20, 2024, From Https://Ascarya.Or.Id/Validitas-Dan-Reliabilitas-Penelitian-Kuantitatif/

Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023, Juli 7). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya, 3(Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research). Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i3.2260

Heryana, A. (2018, November 23). Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif, 3.Https://Lmsparalel.Esaunggul.Ac.Id/Pluginfile.Php?File=/93692/Mod_Resource/Content/1/10_7298_Kms361_112018_Pdf.Pdf.

Nugroho, A. C. (2021, Desember 2). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 02(02), 185-194. Https://Jurnal.Kominfo.Go.Id/Index.Php/Mkm/Article/View/4525

Liana, L. (2009). Penggunaan Mra Dengan Spss Untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating Terhadap Hubungan Antara Variabel Independen Dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Xiv, 90-91.

Oktavia, M. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harusmenjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3, 122-128.

Saskara, P. A. (2020). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi “Toxic Parents” Bagi Kesehatan Mental Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 126-127.

Hatuwe, N. Q. (2013). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Kenakalan Remaja ( Di Kelurahan Gersik Kabupaten Penajam Paser Utara). Ejournal Lmu Komunikasi, 201-202.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Yulia Chandra Safitri, Yogi Prassetio, Saskia Putri Isnaini, & Geofakta Razali. (2024). Komunikasi Keluarga sebagai Prediktor Perilaku Anak di Sekolah: Studi Regresi Linear. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3510–3520. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/405

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.