KAJIAN EYD DAN PENGARUHNYA PADA KUALITAS TULISAN

Authors

  • Malan Lubis Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan
  • Devi Triana Purba Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan
  • Nazmi Atika Hasibuan Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan
  • Martuana Peronika Panggabean Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan
  • Mova Sabrina Naibaho Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan
  • Ririn Anjeli Hutagaol Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan

Keywords:

EYD, kualitas tulisan, keterbacaan, profesionalisme

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak penerapan Enhanced Spelling (EYD) terhadap kualitas tulisan bahasa Indonesia. Pertanyaan utama yang dibahas adalah bagaimana kepatuhan terhadap EYD dapat meningkatkan keterbacaan, kejelasan, dan profesionalisme tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana EYD mempengaruhi kualitas tulisan. Pendekatan analisis deskriptif dengan metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan datanya meliputi studi dokumen dan analisis teks dari karya ilmiah, artikel jurnal, dan tulisan populer. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan EYD secara konsisten akan meningkatkan kualitas penulisan, sehingga memudahkan pemahaman dan meningkatkan kredibilitas. Kesimpulannya, sangat penting bagi penulis untuk memiliki pengetahuan dan menerapkan EYD agar dapat menghasilkan karya tulis yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 220-230.

Lena, M. S., Nisa, S., Suciwanisa, R., & Taftian, L. Y. F. (2023). Analisis Penerapan EYD Dalam Sebuah Karya Ilmiah. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 199-206.

Piliang, W. S. H., Nofitri, S., Erni, E., & Rahayu, S. (2023). Pelatihan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan EYD Edisi V dalam Rangka Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 2 Dumai. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 268-274.

Nabila, F., Rahmawati, A., Arahman, A., Nahampun, D. Y., Sagala, V. M., & Hadi, W. (2024). Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Sesuai Eyd Pada Makalah Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Roen, Y. A., Nope, H. A., Angin, I. I. P., & Utang, H. Y. (2023). Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1684-1689.

Karyati, Z. (2016). Antara EYD dan PUEBI: suatu analisis komparatif. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Nababan, Y., Chamhadani, S. E., Prayogi, C., Nurrahmah, A. R., Armelia, J., & Anggraeni, N. D. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD Edisi V) dalam Penulisan Laporan Praktikum Prosman Menggunakan SPSS. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 12-12.

Agustinus, J. W. (2017). Analisis Kalimat Efektif Dan Ejaan Yang Disempurnakan Dalam Surat Bisnis (Analisis Kasus Surat Perkenalan dan Permintaan Penawaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita). VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(1), 48-59.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Malan Lubis, Devi Triana Purba, Nazmi Atika Hasibuan, Martuana Peronika Panggabean, Mova Sabrina Naibaho, & Ririn Anjeli Hutagaol. (2024). KAJIAN EYD DAN PENGARUHNYA PADA KUALITAS TULISAN. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3568–3573. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/415

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.