Pengaruh E-Learning Collabor Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

Authors

  • Ayudia Laras Putridani Universitas Pembangunan Jaya
  • Keyko Audy Larasati Universitas Pembangunan Jaya
  • Dewa Andhika Kurniawan Universitas Pembangunan Jaya

Keywords:

e-learning, Mahasiswa, Peningkatan hasil belajar

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi pada era saat ini, memudahkan mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran maupun tugas yang didapat melalui situs internet tanpa harus terlebih dahulu membeli buku bacaan. Selain internet, teknologi lainnya yang turut dimanfaatkan dalam media pembelajaran yaitu e-learning. Adapun tujuan yang hendak dilihat oleh peneliti pada penelitian ini yaitu untuk menentukan hubungan antara penggunaan media e-learning Collabor terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya yang memenuhi syarat untuk memberikan data yang relevan terkait Pengaruh E-learning Collabor terhadap peningkatan hasil mahasiswa Tahun 2024. Adapun sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan model pengembangan cross-sectional. Teknik yang dipilih peneliti untuk memperoleh data dari responden adalah dengan angket. Angket adalah sebuah teknik untuk memperoleh data dari responden yang terlibat dengan diberikannya sejumlah pertanyaan atau pernyataan yang akan diisi. Adapun analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier. Dimana analisis ini dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan antara variabel respon dengan variabel prediktor. Sedangkan setelah itu dilakukan uji koefisien determinasi. Uji ini dipakai untuk mengetahui sejauh mana suatu variabel bebas dalam model regresi dapat menjelaskan sebuah variasi dari variabel terikat. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar 15.384, hal tersebut menegaskan kekuatan dan keandalan prediksi variabel e-learning collaborator terhadap peningkatan hasil belajar. R-square atau koefisien determinasi adalah 0.709, yang berarti bahwa sekitar 70.9% variabilitas dalam peningkatan hasil belajar dapat dijelaskan oleh elearning collaborator. Secara keseluruhan, hasil analisis statistik tersebut menunjukkan bahwa model regresi memiliki kecocokan yang baik dan e-learning collaborator merupakan prediktor yang kuat untuk peningkatan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karistya. (2023). Analisis Penggunaan Model E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sains Volume 5, Nomor 3

Maya Rahmatia, dkk. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 212-227.

Muhamad Darwin. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Penerbit Media Sains Indonesia (Cv. Media Sains Indonesia).

Nisak dan Aris. (2021). Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan, Volume. No.1.

Rahmat Khaeru, dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Wajo Pada Masa Pandemi Covid-

Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies,Volume 3, Number 2.

Reni Dan Suparno. (2019). Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (Jimeka) Vol. 4, No. 4.

Rudi Haryadi, dkk. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan Vol.7 No.1.

Sitepanus, dkk. (2022). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala Gunungsitoli. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol. 10 No.3.

Sri Erdawati dan Tina Sartika. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, Volume 2, Number 2.

Taslim, dkk. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 2, No. 2.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Ayudia Laras Putridani, Keyko Audy Larasati, & Dewa Andhika Kurniawan. (2024). Pengaruh E-Learning Collabor Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3899–3904. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/490

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.