Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Ma’arif Kalijeruk Kecamatan Garung Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Ita Rosiana Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah
  • Ahmad Khoiri Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah
  • Bambang Sugiyanto Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah

Keywords:

berfikir kritis, model pembelajaran Problem Based Learning, video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Kalijeruk; 2) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik; 3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis antara kelas yang menerapkan dan tidak menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Kalijeruk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperiment desaign dengan metode nonequivalent control grup design. Sampel dalam penelitian yaitu kelas V MI Ma’arif Kalijeruk Kecamatan Garung yang terdiri dari dua kelas yaitu VA sebagai kelas eksperimen dan  VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian berupa observasi, soal tes dan dokumentasi. Soal pretest dan posttest diuji coba menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Kalijeruk berhasil dengan baik, ditunjukkan dengan nilai 87,5%. Nilai ini mencakup aktivitas guru dan peserta didik, menunjukkan bahwa pembelajaran berjalan aktif dan efektif, 2) adanya peningkatan kemampuan  berfikir kritis pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,71 > 0,46, 3) adanya perbedaan kemampuan berfikir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh t_hitung sebesar 2,513 dengan t_tabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 2,048 yang berarti t_hitung> t_tabel maka H_o  ditolak dan H_(a )diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ennis, R. H. 2011. “The Nature of Critical Thingking: An outline of Critical Thingking Dispositions” Illinois: University Illinois.

Hatimah, Husnul, dkk, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belaja Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 7, No. 2c, 2022, https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.602 (10 Desember 2023).

Helmon, Arnoldus. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD”, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/254/178 (18 November 2023).

Misla dan Mawardi, “Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4, No. 1, 2020, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index (17 November 2023).

Novisya, Dira dan Festiyed, “Meta Analisis Video Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Pendidikan Pembelajaran Fisika, Vol. 5, No. 1, 2019.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 3; Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Ita Rosiana, Ahmad Khoiri, & Bambang Sugiyanto. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Ma’arif Kalijeruk Kecamatan Garung Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3905–3909. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/491

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.