Novel KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “AILEEN DAN REGAN” KARYA NUZILNA RAHMA

Kajian Psikoanalis

Authors

  • Rachel Calista A. Sirait Universitas Negeri Medan
  • Pami Jeciou Purba Universitas Negeri Medan
  • julima pepris simanungkalit halimah tambunan Anak Kandung
  • Nurul Pratiwi Universitas Negeri Medan
  • Rahel July Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Windi Dwi Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Elly Prihasti Wuriyani Universitas Negeri Medan

Keywords:

Psikologis ; Psikologi Sastra

Abstract

Novel “Aileen dan Regan” karya Nuzilna Rahma mengisahkan tentang seorang wanita bernama Aileen yang memiliki kisah tragis dalam hidupnya. Dalam novel ini, Aileen menghadapi berbagai konflik, termasuk konflik batin dan konflik dengan orang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis novel Aillen dan Regan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskrptif. Kajian ini akan menganalisis kepribadian tokoh utama Aileen dalam novel tersebut, dengan fokus pada aspek psikologis dan psikologi sastra.

Dalam analisis ini, akan dilihat bagaimana Aileen berperilaku dan bagaimana perilaku tersebut dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman hidupnya. Kajian ini juga akan membahas bagaimana Aileen menghadapi konflik dan bagaimana ia mengembangkan keputusan dan tindakan dalam menghadapi situasi yang sulit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. Vol 2(2), 217-227.

Nofrita, M., & Hendri, M. (2017). Kajian Psikoanalisis dalam Novel Pria Terakhir Karya Gusnaldi. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(1), 79-89.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pitaloka. 2020. Gambaran Kehidupan Tokoh Drama “Penyesalan Di Ujung Senja” Heni Yuliana: Pendekatan Mimetik. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Vol 14(1). 16-21.

Rahma. N (2021). Aileen dan Regan. Depok: Cloud Books

Rokhmawan, T., Fitriyah, L. 2019. Psikoanalisis Tokoh Remaja Dalam Novel Misteri Cinta Segi Lima Karya S. Mara Gd. Jurnal hasta Wiyata. Vol 3(2). 107-135.

Semi, M Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Tamaraw, J. 2015. Analisis Sosiologi Sastra Terhadap Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Published

2024-06-20

How to Cite

Rachel Calista A. Sirait, Pami Jeciou Purba, halimah tambunan, julima pepris simanungkalit, Nurul Pratiwi, Rahel July Sihotang, Windi Dwi Ningsih, & Elly Prihasti Wuriyani. (2024). Novel KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “AILEEN DAN REGAN” KARYA NUZILNA RAHMA : Kajian Psikoanalis. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4049–4058. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/510

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.