Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Syariah

Authors

  • Ahmad Farhan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhamad Feri Sofyan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ridwan Kurnia Sandi Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Amanda Dwi Aningti Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Zaini Ibrahim Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wahyu Hidayat Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Literasi Keuangan, Minat Menabung, Perbankan Syariah

Abstract

Bank syariah didefinisikan sebagai lembaga keuangan yang aktivitas kegiatan berdasarkan prinsip hukum syariah Islam. Prinsip utama yang menjadi dasarnya adalah larangan terhadap riba (bunga), serta pentingnya keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sosial dalam semua aktivitasnya. Bank syariah memberikan penawaran produk dan layanan keuangan yang berlandaskan prinsip hukum islam, seperti produk pembiayaan berbasis bagi hasil (mudharabah) dan pembiayaan tanpa riba. Mereka beroperasi dengan mengikuti prinsip moral dan etika Islam dalam semua aspek operasional, termasuk manajemen investasi dan pengelolaan dana nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah literasi keuangan dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan minat terhadap layanan bank syariah. Studi ini melibatkan 30 partisipan yang dipilih dengan metode purposive sampling dan menyebarkan kuesioner secara online. Metode analisis yang dipakai yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, literasi keuangan, inklusi keuangan, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan layanan digital perbankan syariah. Secara khusus, literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah terhadap produk perbankan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N. F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank BSI (Bank Syariah Indonesia). BANCO: Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah, 5(1), 48-62.

Nadila, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Bank Syariah (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO).

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62, 70.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Ahmad Farhan, Muhamad Feri Sofyan, Ridwan Kurnia Sandi, Amanda Dwi Aningti, Zaini Ibrahim, & Wahyu Hidayat. (2024). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Syariah. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4367–4375. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/625

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.