PEMENUHAN HAK ANAK DAN UPAYA TERCIPTANYA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Authors

  • Muh. Encep Magister Hukum Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Hasnah Aziz Magister Hukum Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang

Keywords:

Hak Anak, Non Diskriminasi, Pemenuhan Hak

Abstract

Pemerintah adalah pelaksana negara yang mempunyai peran sebagai pelindung segenap Bangsa Indonesia. Bahkan Nilai-nilai hak asasi manusia adalah kebebasan, kesetaraan, otonomi dan keamanan. Lebih dari itu inti nilai hak asasi manusia adalah martabat manusia. Hak anak adalah sesuatu yang melekat pada diri setiap individu. Hak selalu mengandung Tanggung jawab, yaitu tanggung jawab untuk menghargai hak orang lain (responsibility and respect). Hak memunculkan sejumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan yang lahir dari seiap hak mendorong terjadinya pengakuan hak. Kebutuhan harus dibedakan dengan keinginan. Tidak semua yang diinginkan manusis dapat dikategorikan sebagai hak. Hak pendidikan memunculkan kebutuhan untuk memiliki buku pelajaran, yang berbeda dengan keinginan untuk memiliki sepatu sekolah baru yang sedang tern. Anak yang dilahirkan membawa hak-hak anak (rights of the child) yang pada prinsipnya tidak boleh diperlakukan berbeda atau diskriminasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Hasna., Pemenuhan Hak Anak Dan Upaya Terciptanya Tertib Administrasi Kependudukan, (Bandung: PT Arr Rad Pratama, 2023).

Husein, M. (2024). Literature Review: Pemenuhan Hak Anak Dan Upaya Terciptanya Tertib Administrasi Kependudukan. JURNAL PEMANDHU, 5(1), 264-269.

Nainggolan, P. K. (2022). Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) Dalam Pelaksanaan Tertib Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Hadiwijoyo, S. S. (2023). Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pemenuhan Hak Anak atas Dokumen Adminitrasi Kependudukan di Kota Salatiga (Doctoral dissertation).

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Muh. Encep, & Hasnah Aziz. (2024). PEMENUHAN HAK ANAK DAN UPAYA TERCIPTANYA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4866–4870. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/735

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.