Analisis Metode Senam Irama Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Pada Kb Al – Hidayah Plus Mojosari Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Mudawamah PIAUD, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim
  • Nahdiyatul Ummah PIAUD, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim

Keywords:

Metode Senam Irama, Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas metode senam irama dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di KB Al-Hidayah Plus Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Fokus penelitian mencakup proses penerapan pembelajaran senam irama, peningkatan kecerdasan kinestetik setelah penerapan senam irama, dan manfaat senam irama dalam pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan senam irama di KB Al-Hidayah Plus Mojosari melibatkan perancangan sesi yang sesuai dengan usia anak dan tahapan pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Selain itu, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan gerak anak-anak setelah penerapan pembelajaran senam irama, dengan perkembangan keterampilan motorik, koordinasi, keseimbangan, dan kemampuan mengikuti ritme gerakan dan irama musik. Manfaat senam irama meliputi aspek fisik dengan peningkatan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan, serta manfaat mental seperti kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah. Interaksi dalam kelompok selama sesi senam juga membantu membangun keterampilan sosial seperti komunikasi, kerjasama, dan empati. Secara keseluruhan, senam irama terbukti sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental dan sosial, sesuai dengan pandangan para ahli dan pedoman nasional dalam pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, Arrofa. 2019. Kecerdasan Kinestetik Dan Interpersonal Serta Pengembangannya. Media sahabat cendekia

Haryanta, Agung Tri, and Eko Sujatmiko. 2018a. Kamus Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Haryanta, Agung Tri, and Eko Sujatmiko. 2018b. Kamus Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Surakarta : Aksara Sinergi Media.

Indragiri, A. 2010. Kecerdasan Optimal (Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak). Jogjakarta: Starbooks.

Kamelia, Nur. 2019. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 2(2):112.

Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Maemunah, Hasan. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Pres.

Purwadi, Arum Sari. 2012. “Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Sebagai Potensi Lokal Untuk Kecerdasan Kinestetik Anak.” Jurnal Pesona Paud 1(5):4.

Rohman, Moh. Fathur. 2018. Pendidikan Olahraga Dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA: Semangat Irama Kehidupan, (Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan Dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat-Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Susanto, Ahmad. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tanu, I. Ketut. 2019. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):19–29.

Widhianawati, Nana. 2011. “Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini.” Jurnal : Upi Education, Edisi Khusus 2:223.

Yetti, Elindra, and Indah Juniasih. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman KanakKanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B).” Jurnal Pendidikan Usia Dini 10:389.

Yulianty, Rani. 2010. Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Askara.

Yuningsih, Restu. 2019a. “Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Di TK Kurnia Illahi Kabupaten Tanah Datar.” Jurnal Tumbuh Kembang 6(1):2.

Yuningsih, Restu. 2019b. “Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Di TK Kurnia Illahi Kabupaten Tanah Datar.” Jurnal Tumbuh Kembang 6(1):4.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Mudawamah, & Nahdiyatul Ummah. (2024). Analisis Metode Senam Irama Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Pada Kb Al – Hidayah Plus Mojosari Kabupaten Mojokerto. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5059–5070. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/784

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.