PENYULUHAN DAN EDUKASI PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RS GOETENG TARUNADIBRATA PURBALINGGA

Authors

  • Yunia Annisa Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Penyakit Jantung Koroner, Penyuluhan, Pencegahan

Abstract

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, termasuk di Indonesia. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengadopsi pola hidup sehat dan memahami faktor risiko yang ada. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan edukasi di RS Goeteng Tarunadibrata Purbalingga pada bulan Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang PJK dan cara pencegahannya. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktek langsung dengan evaluasi pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta mengenai PJK dan langkah-langkah pencegahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djohan, T. B. A. (2004). Penyakit Jantung Koroner Dan Hypertensi. Ahli Penyakit Jantung Fakultas Kedokteran Unversitas Sumatera Utara, 1–7.

Ghani, L., Susilawati, M. D., & Novriani, H. (2016). Faktor risiko dominan penyakit jantung koroner di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(3), 153–164.

Riskesdas. (2015). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2015. Laporan Nasional 2015, 1–384. https://doi.org/1 Desember 2015

Yahya, A. F., & Sp JP K, F. (2010). Menaklukkan Pembunuh No. 1: Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung Koronenr Secara Tepat dan Cepat. Qanita.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Yunia Annisa. (2024). PENYULUHAN DAN EDUKASI PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RS GOETENG TARUNADIBRATA PURBALINGGA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5348–5352. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/844

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.