OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPIT PERMATA MOJOKERTO)

Authors

  • Ainur Rofi’ah PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Fina Surya Anggraini PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Keywords:

Optimalisasi Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. Untuk mengoptimalkan metode pembelajaran PAI, maka timbul beberapa rumusan masalah yaitu: bagaimana optimalisasi metode pembelajaran PAI untuk meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik dan apa saja faktor penghambat dan pendukung optimalisasi metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru mengoptimalkan penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik melalui metode diskusi, demonstrasi dan bermain peran pada mata pelajaran PAI. Agar pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. 2) Faktor penghambatnya adalah kesiapan belajar dan suasana hati atau mood belajar peserta didik, sedangkan faktor pendukungnya ialah kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Indragiri. Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimakan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Starbooks, 2010.

Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017).

Amin dan Linda, Model Pembelajaran Kontemporer, Pusat Penerbitan LPPM, 2022.

Astutik, Anita Puji. “Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Islam.” Halaqa: Islamic Education Journal 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.818.

Ayni, Nur. Metode Bermain Peran. Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.

Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru dan Pendidikan Karakter. Indramayu: Adanu Abimata, 2020.

Database SMPIT Permata Mojokerto Per Juni 2023

Daulai, Afrahul Fadhila. “Hakikat Manusia dan Pendidikan.” Tazkiya 10, no. 2 (2021).

Dewi, Erni Ratna. “Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran 2, no. 1 (2018).

Fitriani, Atika, dan Eka Yanuarti. “ Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 02 (2018).

Hanafi, M. Arif, Naily Rohmah, Ansori, Fatchor Rohman, dan Zaini Tamim. “Optimalisasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo.” Qudwatunâ : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021).

Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Arief Muttaqiien, dan Ramadhani Fitri. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH, 2020.

Ma’arif, Muhammad Anas. “Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam di Sekolah/Madrasah (Upaya dan Faktor Penghambat Pembelajaran Pendidikan Islam).” Falasifa 8, no. 2 (2017).

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.

Marno, dan M Idris. Strategi, Metode dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Mudrikah, Ulfa. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Pendidikan Akhlak di MTs Sirojul Falah.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi Keempat. Ke-4. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Nurdin, Ismail, dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.

Pratiwi, Adelia, H Masykur, dan Neng Ulya. “Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Blended Learning di MTS Al-I’anah Karawang.” Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 6, no. 3 (2022).

Roestiyah dan Yuniati, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Rohman, Ahmad Abdur, dan Imas Masturoh. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017).

Rus’an. “Spiritual Quotient (SQ) : The Ultimate Intelligence.” Lentera Pendidikan 16, no. 01 (2013).

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com, 2019.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 6, no. 2 (2017). https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/45

Soetjipto, dan Raflis Kosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Suherdi, Ahmad. “ Fiqh dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Metode Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung.” IAIN Tulungagung, 2018.

Sumiyati, Teti. “Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi dengan Bantuan Media Compact Disk (CD) Interaktif di PAUD IT Bunayya Kota Bengkulu”, Jurnal An-Nizom 2, no. 3 (2017).

Susanto, Eko Purnomo, dan Rahmatullah Rahmatullah. “Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Google Classsroom.” Jurnal Piwulang 2, no. 2 (2020).

Sutiah, Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Leraning Center, 2016.

Tamrin, M. Isnando. “Optimalisasi Metode Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita.” Ensiklopedia of Journal 4, no. 3 (2022).

Teiri, Ayi, Millata Zamana, dan Rita Susila. “Analisis Metode Bermain Peran Dalam Menstimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 2 (2021).

Tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara, 2003.

Utsman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Wiranti, Ika. “Implementasi Program Kegiatan Keagamaan di MTS Ma’arif Andong Boyolali dalam Meningkatkan Kecerdasam Spiritual Siswa Tahun 2019.” IAIN Salatiga, 2019.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.

Zohar, Danah, dan Ian Marshal. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan, 2001.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Ainur Rofi’ah, & Fina Surya Anggraini. (2024). OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPIT PERMATA MOJOKERTO). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5390–5398. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/859

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.