PERAN HUMAS PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN AKTIVITAS MEDIA RELATIONS (Studi pada Kantor Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Konawe)

Authors

  • Jefry Crisbiantoro Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Lakidende Unaaha

Keywords:

Humas, Pemerintah Daerah, Media Relations

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui peran humas Pemerintah Dearah dalam menjalankan aktivitas media relations serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi humas pemerintah daerah dalam menjalankan aktivitas media relations. Jenis penelitian ini adalah dekriptif dengan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, Peran humas pemerintah secara garis besar memiliki peran ganda yaitu, memberikan pesan atau informasi dengan kebijakan dan tujuan dari lembaga terkait untuk kepentingan publik sebagai khalayak dan juga sasaran dengan fungsi untuk menyerap aspirasi atau keinginan masyarakat. Keberadaan humas pemerintah merupakan keharusan fungsional serta operasional dalam upaya mempublikasikan dan menginformasikan suatu kegiatan instansi untuk kepentingan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Aceng. (2001). “Press Relations Kiat Berhubungan Dengan Media Massa”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro, dkk. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, edisi revisi. Bandung: Simbiosa

Efendi, Onong Uchjana. (2002). Hubungan Masyarakat. Bandung: Remaja Rusda

Idris, Ika Karlina. (2014). Peran Humas Pemerintah di Era Keterbukaan Informasi (Analisis Isi Permenpan-RB SNo. 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Angka Kreditnya), (6).

Iriantara, Yosal. (2008).”Media Relations konsep, pendekatan, dan praktik”. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Jakarta: Grafindo.

Komarudin, (2014). Reformasi Humas Pemerintah.Jakarta : Genesindo

Purwanto, Edi. (2009). Pers dan Demokrasi -Kebebasan Pers Menuju Demokrasi-. Malang: Program Sekolah Demokrasi.

Purwoko, Intantya Putrie. (2015).”Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik”. Skirpsi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Triyono, A. (2013). Strategi Media Relations Perguruan Tinggi Di Surakarta (Studi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Universitas Sebelas Maret), Komuniti, (Vol. V No. 1 Maret 2013), 1–9. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wardhani Diah,. 2008. Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widjaja, H.A.W. (2002).“Komunikasi dan Hubungan Masyarakat”. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Jefry Crisbiantoro. (2024). PERAN HUMAS PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN AKTIVITAS MEDIA RELATIONS (Studi pada Kantor Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Konawe). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5399–5406. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/860

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.