PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU XL AXIATA DI DESA PENGABUAN TIMUR

Authors

  • Veru Sastra Universitas Muhammadiyah Palembang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Diah Isnaini Asiati Universitas Muhammadiyah Palembang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fitantina Fitantina Universitas Muhammadiyah Palembang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Proses dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Proses terhadap Keputusan Pembelian kartu XL Axiata di Desa Pengabuan Timur. Jenis penelitian ini Asosiatif. Variabel yang digunakan adalah Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Promosi dan Proses. Sampel yang digunakan sebanyak 110 sampel yang diambil dengan metode cluster sampling. Data utama yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, uji F dan t serta Koefisien Determinasi. Hasil penelitian dari regresi linear berganda membuktikan bahwa Produk, Harga, Promosi dan Proses berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu XL Axiata di Desa Pengabuan Timur. Hasil uji hipotesis secara simultan membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan Produk, Harga, Promosi dan Proses terhadap Keputusan Pembelian. secara parsial membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Produk terhadap Keputusan Pembelian, ada pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian, ada pengaruh positif dan signifikan antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian dan ada pengaruh positif dan signifikan antara Proses terhadap Keputusan Pembelian kartu XL Axiata di Desa Pengabuan Timur. Hasil Koefisien Determinasi membuktikan bahwa variabel Produk, Harga, Promosi dan Proses mampu berkontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 59,4 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Rusydi. (2022). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta

Alma, Buchari. (2021). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Harahap, R., & Asih, S. (2021). Analisis People, Process dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telekomunikasi di Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 552–562.

Harga, P., Dan, P., Jaringan, K., Sari, T. M., Hinggo, H. T., & Hardilawati, W. L. (2023). Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet ( studi kasus mahasiswa umri ). 2(1), 367–378.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2018). Prinsip – prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta : Salemba Ampat

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : PT Indeks

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : PT Indeks

Mursid, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Setyaningrum, Ari. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset

Syahirra, N., & Aryani, L. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Provider Indosat Ooredoo (Studi Kasus Pengguna Provider Indosat Ooredoo Yang Beraktifitas Di Wilayah Jakarta Pusat). Journal of Young Entrepreneu, 2(3), 63–76

Timpe, A. Dale (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. (2019) Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Published

2024-08-31

How to Cite

Veru Sastra, Diah Isnaini Asiati, & Fitantina, F. (2024). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU XL AXIATA DI DESA PENGABUAN TIMUR. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5481–5492. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/887

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.