UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA

Authors

  • Melani Nurazizah Pendidikan Agama Islam, FPIK, Universitas Garut
  • Asep Tutun Usman Pendidikan Guru MI, FPIK, Universitas Garut
  • Yufi Mohammad Nasrullah Pendidikan Agama Islam, FPIK, Universitas Garut

Keywords:

Upaya guru, aqidah akhlak, nilai-nilai moral

Abstract

Latar belakang penelitian adalah Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Siswa. Tujuan penelitian ini untuk   mengetahui bagaimana upaya guru untuk meningkatkan nilai-nilai moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Nilai-nilai Moral Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut sudah berjalan dengan baik. Hal ini diungkapkan langsung oleh Guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut yang menyatakan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut merupakan sekolah percontohan terhadap anti kekerasan, yang mana merupakan salah satu dimensi dari nilai moral yang baik. Begitu pula dalam pembelajaran Akidah Akhlak dibuktikan dengan adanya RPP yang berkaitan dengan nilai-nilai moral, sehingga dapat terstruktur dan terencana dalam mensikapi kedisiplinan dan kesadaran bagi pengembangan nilai moral yang positif bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, A., Masripah, M., & M. Daniyal Salsabil. (2024). Peranan Pondok Pesantren dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Keresek As-Salafi Cibatu Kabupaten Garut. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(1), 1–13.

Economics, P., Khaldoon, (2020). Upaya Guru Akidah Ahlak Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moral Siswa Kelas Viii Mts Maraqit Ta’limat Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Ende, M. T. S. N. (2021). , Kurroti A’yun. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS) Nomor:, 2, hal. 95.

Fadjarajani. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. In Media pembelajaran.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan. In Bumi Aksara,.

Maulid, A. A., Nasrullah, Y., & Saifullah, I. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian di Kelas VIII MTs Ponpes Cipari, Garut). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 165-172.

Niland, (2020). Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup Siti. Global Health, 167(1), 1–5.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2),

Saputra, A., Saputra, R., & Aristawati, A. (2023). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Real Riset, 5(2), 412–419.

Sugiono. (2022). Metode penelitian (2nd ed.). Alfabeta.

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186.

Saifullah, I., & Usman, A. (2024). Pengaruh Perilaku (Kompetensi Kepribadian) Guru Pai Terhadap Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 213-222.

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Melani Nurazizah, Asep Tutun Usman, & Yufi Mohammad Nasrullah. (2024). UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5632–5641. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/921

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.