PENGARUH INTERAKSI VIRTUAL TERHADAP PEMBENTUKAN BAHASA SLANG DI KOMUNITAS GAMER INDONESIA: PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK
Keywords:
Bahasa Slang, Komunitas Gamer, SosiolinguistikAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh interaksi virtual terhadap pembentukan dan penyebaran bahasa slang di kalangan komunitas gamer Indonesia dari perspektif sosiolinguistik. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menggabungkan wawancara mendalam dan analisis percakapan untuk memahami dinamika kebahasaan dalam konteks permainan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa slang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai penanda identitas dan solidaritas kelompok. Interaksi virtual yang intensif melalui permainan daring dan platform komunikasi terkait mempercepat pembentukan dan penyebaran istilah-istilah baru. Variasi bahasa slang juga ditemukan berkorelasi dengan jenis permainan yang dimainkan, mencerminkan kompleksitas sosial dalam komunitas virtual. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang peran interaksi digital dalam evolusi bahasa dan dinamika sosial di era digital.
Downloads
References
Ananda, R., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Perilaku Buruk Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10586-10589.
Anggini, N., Afifah, N. Y., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Bahasa Gaul (Slang) Terhadap Bahasa Indonesia pada Generasi Muda. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 143-148.
Anggini, N., Ramadhanti, D., & Rahmawati, L. E. (2022). Bentuk dan Fungsi Slang dalam Media Sosial TikTok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 37-46.
Fadlilah, A., Utari, R., & Iskandar, D. (2023). Bahasa dan Identitas Kelompok dalam Pernyataan Tokoh Politik: Sebuah Studi Sosiolinguistik. Sasdaya: Gadjah Mada Journal of Humanities, 7(2), 81-98.
Fauziah, F., Mulyana, D., Puspitasari, L., & Damayani, N. A. (2021). Bahasa Slang sebagai Identitas Sosial dalam Komunikasi Kelompok. Jurnal Komunikasi, 15(2), 135-150.
Fitria, T. N. (2021). An Analysis of Slang Language in Social Media. Journal of ELT Research, 6(1), 1-10.
Herson, S. F., Surya, S., & Rahayu, F. E. S. (2022). An Analysis of Jargons Used by the Commentators Found in PlayerUnknown’s Battleground Mobile Game. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 6(4), 1592-1601.
Kusumawardani, S. P. (2015). Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash of Clans Pada Clan Indo Spirit). Jurnal Antropologi FISIP Universitas Airlangga, 4(2), 154-163.
Li, X., Liu, S., & Shi, W. (2019). A Comparative Analysis of Slang Translation in Two Chinese Versions of The Catcher in the Rye. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 2(3), 1-8.
Mayrita, H., Sari, A. P. I., Ernawatir, Y., & Wahyuni, S. (2022). Social Media Platform Slang Language: Learning Indonesian as a Language of Communication in Daily Conversation. Scaffolding: Jurnal Pendidikan dan Multikulturalisme, 4(3), 775-789.
Miswaty, T. C., et al. (2024). Investigating Regional Variation and Digital Dialect in Online Game Identity. Journal of Languages and Language Teaching, 12(3), 1366-1378.
Pitrianti, S., & Maryani, S. (2023). Analisis Bahasa Slang di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Semantika, 5(1), 9-16.
Polumulo, M. (2024). Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Digital. Abdima Dejurnal, 1(4), 152-157.
Pratiwi, D. P. E., & Mariam, S. (2022). An Analysis of Slang Language Used by Gamers in PUBG Mobile Game. Journal of English Language Teaching and Literature, 5(1), 48-58.
Riad, S. M., & Kemp, R. (2021). Exploring Social Identity in Online Gaming Communities: A Systematic Review. Multimodal Technologies and Interaction, 5(7), 37.
Sherblom, J. C. (2020). Computer-Mediated Communication: Approaches and Perspectives. John Wiley & Sons.
Statista. (2023). Number of Video Gamers in Indonesia from 2017 to 2022 with Forecasts Until 2027.
Syam, A. A. (2022). Penggunaan Ragam Bahasa Gamer di Indonesia pada Teks Pemain Games di Grup Facebook dan Grup WhatsApp: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Taqi, M. S., & Zaid, A. (2023). An Analysis of Gaming Language Used by Team Liquid Players in True Sight: The International 2019 Finals. Skripsi, University of Technology Yogyakarta.
Wijana, I. D. P. (2021). Pengantar Sosiolinguistik. UGM PRESS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anhar Anhar, Raudatul Hasanah, Rezky Putri Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.