TEKNOLOGI DIGITAL: INTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Revolusi Industri 4.0, Pembelajaran Berbasis TeknologiAbstract
Penelitian ini mengkaji integrasi teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era Revolusi Industri 4.0, dengan fokus pada manfaat, tantangan, dan peluang yang muncul dari penggunaan platform seperti Learning Management Systems (LMS), Massive Open Online Courses (MOOCs), serta aplikasi mobile. Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI) juga dianalisis dalam konteks bagaimana mereka memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memfasilitasi personalisasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan fleksibilitas dan efektivitas pembelajaran, serta mendukung pengembangan literasi digital siswa. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, kurangnya kompetensi guru dalam teknologi, dan masalah keamanan data masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan blended learning yang menggabungkan teknologi dengan interaksi langsung untuk menjaga keseimbangan antara aspek teknis dan sosial-emosional dalam pembelajaran. Kesimpulan ini diharapkan dapat memberikan panduan strategis dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih adaptif di era digital.
Downloads
References
Adinda Kamilah, S.Pd. (2024). Digital platform and social media learning in remote Indonesian schools. Indonesian Journal of Digital Education, 15(2), 102-118.
Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A. M., & Althunibat, A. (2021). Penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan: Dampaknya terhadap pengalaman belajar siswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 14(2), 75-90.
Anhar. (2022). Pergeseran ideologi agama dalam puisi Almustafa karya Kahlil Gibran. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.287
Anhar. (2023). Optimalisasi materi inklusi kesadaran pajak bagi dosen mata kuliah wajib umum dengan pendekatan teks akademik genre makro. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 443-448. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2709
Anhar. (2024). Bahasa Indonesia Keilmuan: Aktualisasi karya akademik dari teori hingga praktik. Padang: Get Press Indonesia.
Anhar. (2024). Meningkatan keterampilan mahasiswa dalam menulis opini berbasis penggunaan Quora. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(8), 4109. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i8.4125
Anhar, A., Hasanah, R., & Aprilia, R. P. (2024). Pengaruh interaksi virtual terhadap pembentukan bahasa slang di komunitas gamer Indonesia: Perspektif sosiolinguistik. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 3821-3829.
Anhar, A., Hazlin, N. A. A., Simanjuntak, A., & Nurbidayah, D. (2024). Interaksi media sosial dan minat baca di kalangan Gen Z. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 6241-6248. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i5.1973
Azura Team. (2023). Immersive learning: Memahami penggunaan VR dan AR dalam pendidikan.
Balqis, A., Ajiziyah, N., & Indri Tiara Peprianti, Anhar. (2024). Analisis perbandingan peranan tagline pada iklan Le Minerale dan Aqua terhadap brand awareness Kota Balikpapan. YUME: Journal of Management, 7(3), 1142-1150.
Dhenisha Agustine Fadilla, & Sarah Nurfadhilah. (2022). Penerapan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh.
Fairclough, N. (2012). Critical discourse analysis. Critical Discourse Studies, 9(1), 11-30.
Febriana Ramdhanya. (2024). Panduan utama untuk VR dan AR dalam pendidikan di tahun 2024: Meningkatkan pembelajaran dengan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti.
Hamdan Husein Batu Bara, & Dessy Nor Ariani. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar.
Hao, Y. (2021). The impact of MOOCs on learning opportunities for diverse learners. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1).
Husni, M., Setiawan, R., & Sari, D. (2023). Penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa: Dampaknya terhadap pemahaman budaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(3), 150-165.
Ivoni Amelia. (2024). Optimalisasi penilaian kognitif melalui media digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kadek Rima Anggen Suari, & Made Sarjana. (2024). Menjaga privasi di era digital: Perlindungan data pribadi di Indonesia.
Keyza Zefanya Samosir. (2024). Pentingnya integritas akademik pada orisinalitas penulisan karya ilmiah.
Lukman Hakim, S.Sos, MM. (2022). Peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan.
Nugroho, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 45-60.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 2: Do they really think differently? On the Horizon, 9(6), 1-6.
Resti, Rizka Annisa Wati, Salamun Ma’Arif, & Syarifuddin. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar.
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Sun, W. (2023). The impact of automatic speech recognition technology on second language pronunciation and speaking skills of EFL learners: A mixed methods investigation. Frontiers in Psychology, 14, 1210187.
Suhendra, A. (2022). Peningkatan penggunaan aplikasi mobile dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(1), 45-60.
Yudi S. Maulana. (2024). Peningkatan keterampilan guru untuk pengerjaan aksi nyata pada platform merdeka mengajar melalui aplikasi Canva. Journal of Educational Innovation and Practice, 11(3), 215-227.
Zainuddin, Z., Haruna, H., Li, X., Zhang, Y., & Chu, S. K. W. (2020). A systematic review of flipped classroom empirical evidence from different fields: What are the key dimensions to implement a flipped classroom? Computers & Education, 141, 103776. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103776
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anhar Anhar, Azzah Masarroh, Adilah Putri Ramadhani, Gita Sephia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.