Pengaruh Persepsi Pemasaran Digital Terhadap Perilaku Konsumen Siswa SMA Golden Gate Sorong Di Toko Online
Keywords:
Perilaku Konsumen, Pemasaran Digital, Siswa SMAAbstract
Era digital telah membawa perubahan yang signifikan bagi perusahaan dalam memasarkan produknya. Kemajuan teknologi terutama internet dan platform digital membuat strategi pemasaran beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Dalam persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen khususnya generasi Z yang sangat aktif dalam dunia digital sehingga perusahaan dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan meningkatkan kepuasaan konsumen. Penelitian ini menjadi penting dilakukan untuk mengidentifikasikan pengaruh persepsi pemasaran digital yang difokuskan kepada pengetahuan dan sikap mengenai pemasaran digital dalam mempengaruhi perilaku konsumen siswa SMA Golden Gate Sorong. Penelitian dilakukan pada sampel sebanyak 50 siswa kelas XI dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Data yang didapatkan kemudian akan diuji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, sementara sikap mengenai pemasaran digital tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Sementara, uji F menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap terhadap pemasaran digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen siswa dan nilai adjusted R sebesar 0,144 yang berarti pengaruh pengetahuan dan sikap mengenai pemasaran digital terhadap perilaku konsumen sebesar 14,4% dan sebesar 85,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pengetahuan dan Sikap Pemasaran Digital, Siswa, Toko Online
Downloads
References
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin AMSIR, 02, 155-166.
https://doi.org/10.62861/jimat%20amsir.v2i1.405
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2, 40-47.
https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Astuti, N., Putra, K., Kasiani, K., Yudistira, C., Widiantara, I. (2020). Implikasi Penerapan Customer Relationship Marketing dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Gapura Angkasa Joumpa Denpasar. Ganec Swara, 14, 506-514.
https://doi.org/10.35327/gara.v14i1.127
Badan Pusat Statistik Kota Sorong. (2024). Kota Sorong Dalam Angka 2024 (Nomor Publikasi 91710.24001). Dikutip dari
Deswita, D., Farisal, U., Purwanto, E., Naila, S., Putri, A., Putri, K., Kamila, S., Mumtaz, F., & Pratiwi, E. (2024). Digital Media Consumption Trends and Changing Consumer Mindsets: A Case Study of Online Shopping Behavior. Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 1, 1-8.
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2839
Endarwati, E. T., Widyastuti, S. M., & Desfitrina, D. (2022). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2164-2171.
https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739
Fadhli, K., & Pratiwi, D., N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.
https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684
Faradila, N. (2023). Penerapan Digital Marketing Pada Keputusan Pemesanan Kamar Hotel. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 109–115.
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.617
Fitriani, Paramarta, V., Agusiady, R., Aripin, Z., Kadarisman, S., & Suandani, R. (2023). Influencing Factors on Online Consumer Behavior: A Case Study on Online Shoppers in Bandung. The Third International Conference on Innovations in Social Sciences Education and Engineering (ICoISSEE-3), 3, 1-7. Dikutip dari
https://www.conference.loupiasconference.org/index.php/icoissee3/article/view/435/400
Harjito, B., Apriyani, P., & Jannah, W. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “Yayant” di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Bagi Masyarakat, 11, 70-75.
https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.55176
Haryanto, T., A. (2024, Januari). APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. DetikInet.com. Dikutip dari
Islam, M., & Mojumder, M. (2020). Online Store using E-Commerce and Database Design and Implementation. International journal of engineering research and technology, 9
Jizdan, A. (2023). Comparative Analysis of Trade through Online and Stationary Stores. Economica.
https://doi.org/10.53486/econ.2023.123.089
Kedah, Z. (2023). Use of E-Commerce in The World of Business. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal).
https://doi.org/10.33050/sabda.v2i1.273
Kumar, G., & P, D. (2022). Consumer Behaviour Towards Online Shopping. Journal Of Management and Science.
https://doi.org/10.26524/jms.12.27.
Pebrianti, W., Arweni, & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11, 48-56.
https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2848
Riyanto, D., A. (2024, Febuari). Digital Indonesia 2024. Andi.link. Dikutip dari
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Sudirjo, F., Lotte, L., Sutaguna, I., Risdwiyanto., A., & Yusuf, M. (2023). The Influence of Generation Z Consumer Behavior On Purchase Motivation In E-Commerce Shoppe. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 2(2), 110-126.
https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.735
Venkatesh, V., Speier, C., & Schuetz, S. (2022). Why do people shop online? A comprehensive framework of consumers' online shopping intentions and behaviors. Inf. Technol. People, 35, 1590-1620.
https://doi.org/10.1108/itp-12-2020-0867
Zhao, J., Xue, F., Khan, S., & Khatib, S. (2021). Consumer behaviour analysis for business development. Aggression and Violent Behavior, 101591.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selviana Pattipeilohy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.