PENGEMBANGAN KOMIK DENGAN TEMA "PARIWISATA KARO" UNTUK MATA KULIAH BAHASA JERMAN UNTUK PARIWISATA
Keywords:
Pengembangan, Komik, Pariwisata KaroAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik dengan tema "Pariwisata Karo" untuk mata kuliah Bahasa Jerman untuk Pariwisata dengan menggunakan aplikasi Medibang Paint dan menerapkan model pengembangan DDR (Design, Development Research) dari Richey dan Klein. Langkah-langkah dalam model ini meliputi: (i) Desain, (ii) Pengembangan, dan (iii) Evaluasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video YouTube, buku "Deutsch für Tourismus", buku "Kultur und Tourismus in Nordsumatra", dan informasi dari berbagai objek wisata. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Bahasa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Hasil dari produk pengembangan ini adalah komik yang dibuat menggunakan aplikasi Medibang Paint. Komik ini terdiri dari 34 halaman dalam format A4 dengan dua gambar pada setiap halamannya. Buku komik ini dipublikasikan dalam bentuk cetak dan secara online di fliphtml5 dengan tautan https://fliphtml5.com/blvwu/ppyy/ dan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Validator materi memberikan skor 91,6 (sangat baik). Sedangkan komik tersebut mendapatkan skor 92,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa komik dengan tema "Pariwisata Karo" valid dan telah tervalidasi
Downloads
References
Ammerer, Heinrich dan Markus Oppolzer. (2022). Was kann der Comis für den Unterricht Leisten?. Münster: Waxmann Verlag GmbH.
Ansari, Khairil., dkk. (2021). Budaya dan Kepariwisataan Sumatera Utara. Medan: FBS Unimed Press.
Armiasih. (2022).Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Perancis Siswa Kelas X SMAN 16 Bandar Lampung. Skripsi Sarjana, Universitas Lampung).
Febrista, D., & Efrizon. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Tekhnik Audio Vidio. Jurnal Vocational Tekhnik Elektronika dan Informatika. 9(3), 102-110.
Wirakusumah, Gabriella, G., Naukoko, A, T.,& Tumangkeng, S,Y, L. (2023). Potensi Objek Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara (Studi Pada Hutan Mangrove Budo). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 23(10), 37-48.
Gunawan, P. & Sujarwo. (2020). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of History Education and Historiography. 6(1), 39-44.
Hutagalung, Surya. Linda Aruan., dan Rina Evianti. (2020). Deutsch Für Tourismus. Medan: FBS Unimed Press.
Ilham, M. & Marlini. (2019). Pembuatan Komik Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Literasi Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 1 Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. 8(1), 204-217.
Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 2(3), 102-106.
Lumansik, J,R,C., Kawung, G,M,V., & Sumual, J,I. (2022). Analisis Potensi Sektor Pariwisata Air Terjun di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 22(1), 13-23.
Mariam, Siti. (2021). Die Erstellung eines Comics zu Sehenswürdigkeiten in Medan als Lernmedium für das Fach Tourismus. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Medan).
Martiwik, W., Wardiah, D., & Misriani. (2022). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Sejarah Lokal Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jejawi. Jurnal Wahana Didaktika. 20(1), 155-170.
Okpatrioka. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Budaya. 1(1), 86-100.
Putra, G,L,A,K., & Yasa, G,P,P,A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual. 1(1), 1-8.
Richey, Klein dan James D Klein. (2007). Design And Development Research. New York : Routledge Taylor & Francis Group.
Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamun. 11(1), 47-63.
Sembiring, P., & Sofyan, R. (2020). Counseling to the Karo Regency Tourism and Culture Office for Optimizing the Selection of Tourism Routes in Karo Regency. Abdimas Talenta. 5(2), 498-502.
Subudiartha, I. N., Sumadewa, I. N. Y., & Sari, N. L. K. M. A. (2023). Medibang Paint Sebagai Media Digital Painting. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 371-380.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lyfeyeni Ramadhan Br. Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.