ANALISIS PERBEDAAN KEGIATAN AGROINDUSTRI DI DESA SIDODADI DAN BINTANG MERIAH

Authors

  • Widya Khairunisa UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Ellma Aggresia Br Purba Universitas Negeri Medan
  • Fadillah Khoiri Universitas Negeri Medan
  • Aprilia Zaeni Rapiah Universitas Negeri Medan
  • Ramadhan Fitriani Universitas Negeri Medan

Keywords:

Agroindustri, Kegiatan, Interaksi

Abstract

Agroindustri merupakan bagian atau subsistem dari agribisnis yang memproses dan mentransformasikan produk mentah hasil pertanian menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang dapat langsung dikonsumsi atau dapat langsung digunakan sebagai bahan baku agroindustri ,lokasi penelitihan ini berada di dua desa yaitu desa bintang meriah dan desa sidodadi kedua desa ini berda di kec.Batang Kuis.Kab.Deli Serdang.Sumatra Utara,metode penelitihan yang di gunakan kelompok penelitih yaitu kualitafi Penulis menggunakan metode penelitihan ini,untuk meninjau besaran data lapangan terkait lahan pertanian dan kegiatan Agroindustri.

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari kegiatan kedua desa yang peneliti kaji Dimana desa Sidodadi memproduksi jagung dan desa Bintang meriah memproduksi Padi. Hal tersebut tentunya bisa membawa dampak yang baik seperti kedua desa tersebut saling melengkapi keperluan satu sama lain sehingga menciptakan interaksi antar desa. Desa Sidodadi memproduksi jagung menjadi sebuah olahan makanan dan pakan ternak sedangkan desa Bintang Meriah memproduksi padi menjadi beras yang kemudian akan dipasarkan ke Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, K. A. (2021). Peran Pendamping Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Shelly Yunita Adianti. (2020). Perencanaan Tata Ruang sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan (Studi Analisis Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Mojokerto.

Sabaruddin, Arief. (2016). Permukiman Berkelanjutan, Telaah Psikologi Sosial. Newman, Peter., & Jennings, Isabella. (2014). Kota Sebagai Ekosistem Yang Lestari.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Khairunisa, W., Purba, E. A. B., Khoiri, F., Rapiah, A. Z., & Fitriani, R. (2024). ANALISIS PERBEDAAN KEGIATAN AGROINDUSTRI DI DESA SIDODADI DAN BINTANG MERIAH. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 593–597. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/475

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.