PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM ORGANISASI YANG BERDAYA SAING

Authors

  • Riska Pricilia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh
  • Rayyan Firdaus Falkutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh

Keywords:

Sistem Informasi, Manajemen, Daya saing

Abstract

Artikel ini menggambarkan peran informasi dalam perusahaan sebagai darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, sistem informasi manajemen sangat penting untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data secara real-time menggunakan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kausalitas dengan bahan-bahan kepustakaan sebagai sumber data (Library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan lebih mudah mengintegrasikan data bisnis dengan sistem informasi manajemen, meningkatkan kualitas informasi, memberikan kendali manajemen, dan mempercepat analisis data bisnis. Hal ini memungkinkan manajemen untuk lebih fokus pada aspek strategis, kreatif, dan inovatif guna meningkatkan kualitas produk dan layanan perusahaan, serta memperpendek siklus proses produksi atau pelayanan sehingga meningkatkan daya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muttalib, A. (2017) dalam penelitiannya berjudul 'Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) terhadap Pelayanan Masyarakat di Kantor Dinas Perhubungan Kota Makassar', Universitas Muhammadiyah Makassar, membahas efektivitas penerapan SIM pada pelayanan masyarakat, halaman 106–120.

Adisel, A. dan Thadi, R. (2020) dalam artikel 'Sistem Informasi Manajemen Organisasi dan Perannya dalam Pengambilan Keputusan serta Pemecahan Masalah' yang dipublikasikan di Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), volume 3, edisi 2, halaman 145–153, membahas peran SIM dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam organisasi.

Andrian Syahputra, Ragil Wiranti dan Widiya Astita, W.A. (2022) menulis tentang 'Peran Sistem Informasi Manajemen Organisasi dalam Pengambilan Keputusan' di Jurnal Manajemen Sistem Informasi (JMASIF), volume 1, edisi 1, halaman 26–31.

Arifin, M. S., Rachmat, Z., Laratmase, P., Muniarty, P., Sudirjo, F., Ilyas, M., ... & Hartati, L. (2023) dalam buku 'Sistem Informasi Manajemen' yang diterbitkan oleh Global Eksekutif Teknologi membahas berbagai aspek dari SIM.

Bruno, L. (2019) dalam Journal Of Chemical Information And Modeling menulis tentang 'Peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Pengambilan Keputusan', volume 53, edisi 9, halaman 1689–1699.

Dachyar, M. (2022) dalam bukunya 'Sistem Informasi Manajemen' yang diterbitkan oleh Universitas Indonesia Publishing, Jakarta, membahas SIM secara komprehensif.

Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E. B., & Muksin, N. N. (2023) dalam buku 'Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini' yang diterbitkan oleh PT. Green Pustaka Indonesia membahas tentang strategi dan teknik pemasaran di era digital.Hadion Wijoyo, D. (2021) dalam buku 'Sistem Informasi Manajemen' yang diedit oleh M.M. Mada Faisal Akbar, S.E. dan Desain, dan diterbitkan oleh INSAN CENDEKIA MANDIRI, Sumatera Barat, membahas tentang dasar-dasar SIM.

James (2021) dalam edisi keempat bukunya 'Sistem Informasi Manajemen' yang diterbitkan oleh Salemba Empat, Jakarta, membahas tentang berbagai aspek SIM.

Kaleb, Bryan J., Lengkong, V. P. K., Taroreh, R.N. (2019) dalam artikel 'Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Pengawasannya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado' yang dipublikasikan di jurnal emba, volume 7, edisi 1, halaman 781–790, membahas tentang implementasi dan pengawasan SIM di kantor pajak.

Mahyadi (2023) dalam artikelnya 'Sistem Informasi Manajemen terhadap Kinerja Organisasi (A Literature Review)' yang dipublikasikan di Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, volume 2, edisi 2, halaman 301–311, membahas tentang dampak SIM terhadap kinerja organisasi berdasarkan tinjauan literatur.

Moekijat (2005) dalam bukunya 'Pengantar Sistem Informasi Manajemen' yang diterbitkan oleh Mandar Maju, Bandung, memberikan pengantar tentang dasar-dasar SIM.

Nurhayati, S.T. et al. (2023) dalam artikel 'Urgensi Sistem Informasi Manajemen dalam Sebuah Organisasi' yang dipublikasikan di Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), volume 2, edisi 1, halaman 1–4, membahas tentang pentingnya penerapan SIM dalam organisasi.

Paoki, R. (2012) dalam artikel 'Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Sebuah Organisasi' yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Unklab, volume 16, halaman 78–85, membahas tentang peran SIM dalam organisasi

Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023) dalam artikel 'Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital' yang dipublikasikan di Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, volume 1, edisi 4, halaman 312–324, membahas tentang strategi pemasaran digital untuk keberhasilan wirausaha di era digital.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Riska Pricilia, & Rayyan Firdaus. (2024). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM ORGANISASI YANG BERDAYA SAING. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 1031–1038. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/588

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.