ANALISIS SOSIOLOGIS SEJARAH BATU PERSIDANGAN DAN HUKUM ADAT HUTA SIALLAGAN

Authors

  • Ade Haerunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Keywords:

Legenda,Batu Persidangan, dan Huta Siallagan

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui masalah social dan kearfifan lokal batu persidangan. Metode yang digunkan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini didasarkan atas pertimbangan akan adanya kesesuaian antara bentuk penelitian dan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat menjawab pertanyaan penelitian bahwa terdapat masalah lingkungan hidup dan kearifan lokal yang di dalam masyarkat ada sebuah batu yang disebut batu persidangan. Batu ini digunkan oleh raja untuk bermusyawarah, berdiskusi, dan menjatuhkan suatu hukuman kepada orang yang melakukan kejahatan. Seperti mencuri, memprkosa, membunuh, dan mata-mata musuh. Mengenai kemiskinan kehidupan di desa mayoritas menegah ke bawah, hanya sebgian orang saja yang mapan, adanya kemiskinan di desa huta siallagan ini menyebabkan timbulnya kejahatan yang dilakukan oleh Masyarakat mengakibatkan minimnya kebutuhan Masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Slamet,Yosep Bambang M. (2018). “Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa”. Jurnal PRAXIS, Vol. 1 No. 1.

Gemilang Harsanti,Arni. (2017). “ Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra”. FKIP e-PROCEEDING, (S.10, P. 623636,ISSN 2527-9517. Availabel at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4936

Sibaran,Robert. (2012). “Kearifan Lokal,Hakikat Peran dan Metode Tradisi Lisan : Asosiasi Tradisi Lisan.”

Karisma, Waji. (2019). “Analisis Sosiologis Cerita Rakyat Batu Persidangan di Huta Siallagan kabupaten samosir Sumatera utara medan”.

Gurky, Bunga Sri Ulina S. (2020). “Analisis Struktur dan Kerifan Lokal Legenda Batu Persidangan Huta Siallagan Pindaraya Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.” Skripsi: Univeristas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Amri, Yusni Khairul.(2020). “Kearifan Lokal (Adat Istiadat Tapanuli Selatan). Jawa Timur ; Kun Fayakun.

Basyari.(2014). “Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Tradisi Memitu Pada Masyarakat Cirebon.”: Edunomic. Volume 2. No.1.

Zakaria N. (2022). Stone Chairs of King Siallagan known as Batu Persidangan. Dari LakeToba.com, May 30, 2022, https://www.laketoba.com/stone-chairs-of-king-siallagan/.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Ade Haerunnisa. (2024). ANALISIS SOSIOLOGIS SEJARAH BATU PERSIDANGAN DAN HUKUM ADAT HUTA SIALLAGAN. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 1249–1254. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/628

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.