PENGEMBANGAN LATIHAN SOAL TINGKAT A1 DENGAN TEMA “GEGENSTÄNDE IN DER SCHULE” DENGAN BANTUAN ARCHERY ART
Keywords:
Pembuatan, barang-barang disekolah, Archery ArtAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah latihan soal dengan tema “gegenstände in der Schule” atau barang-barang yang ada disekolah dengan menggunakan media Archery Art, untuk meningkatkan kosakata bahasa jerman siswa. Metode yang digunakan menggunakan metode dari teori Reeves, metode ini terdiri dari empat tahap, yakni: (1) Annlysis of practical problems by reserchers and practitioner in collaboration, (2) Development of soutions informed by exixting design principles and tecnological innovations, (3) Interative eyeles of testing and refinement of solutions in practice, (4) Reflection to produce “design Principes and enhance solution implementation. Data penelitian diperoleh dari siswa kelas X yang akan menjawab kumpulan soal untuk melengkapi data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game atau permainan latihan soal dengan tema “gegenstände in der Schule“ atau barang-barang yang ada disekolah, yang terdiri dari 30 soal latihan pilihan berganda.
Downloads
References
Achmad, dan Fahmi. “Pengembangan Latihan Soal Tema Lebensmitteleinkauf Berbasis Game Archery Art Untuk Siswa Kelas XI Semester II”. Jurnal Laterne, Vol.12,No.1(2023)
Aryanto, A.,& Widodo, P. Pengembangan Tes Strukturen und Wortschatz Berbasis Web Mengacu Pada Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER). Ling Tera, Vol.4No.1,(2017):35-44.
Aviana dan Hidaya. “Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang”. JPS, Vol.3,No.1,(2015)
Fathonah dan Bukhori.“ Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3,No.4(2021)
Febriana, Pujosusanto. “Pengembangan Latihan Soal Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI SMA Semester II di Media Blooket”. journal Laterne, Volume 12,Nomor 2,(2023): Laterne (2023)
Heymann, H. W. (2005): Was macht Üben »intelligent«? In: PÄDAGOGIK H. 11/2005, S. 6 – 11
Hidayatulloh, Praherdhiono, dkk. “ Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam “. JKTP, Vol.3,No.2(2020)
Husni, A., Hakim, L., Gayo, M. AR.(1990) “Buku Pintar Olahraga”. Jakarta : C.V. Mawar Gempita
Nanda, Rijal, dkk. “ Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Jerman“. Jurnal studi sosial dan edukasi, Vol.1,No.2(2023)
Hadyanti.“ Pengaruh Bentuk Soal dan Motivasi Siswa Terhadap Keterampilan Memebaca Bahasa Jerman”.JEP,Vol.8,No.1(2017)
Hamalik, Oemar.(2005).”Proses Belajar Mengajar”. Jakarta : Bumi Aksara Hasibuan & Moedjiono
Herrington, J., McKenney, S. dkk. (2007). Design-based Research and Doctoral Students: Guidelines for Preparing a Dissertation. Journal ECU Publications. 4089-4097.
Prameswari.“Penerapan media pembelajaran kreises brett dengan tema Gegenstande in der schule bagi siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang“. Skripsi,(2019)
Slavin, Robert E.(2008)“Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik“. Bandung: Nusa Media
Saputro, Sari, dkk. 2021. “Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar” jurnal learning, Vol.5,No.4(2021)
Sri Rahayu,dkk. “ Pengembangan Soal High Order Thinking Skill untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Sekolah Dasar”.JI,Vol.7,No.2,(2020)
Sugiyono.(2019)“Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D“. Bandung: ALFABETA
Sukadiyanto.(2010).“Pengantar teori dan meto-dologi melatih fisik“. Yogyakarta
Sukardi.(2011).“Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional“Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tita, Siti.“ Pengembangan Soal Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Bidang Bentuk Aljabar“.JPPM,Vol.3,No.2(2021)
Yunanto, Prayogi, dkk. “ Penerapan Unsur Permainan Pada Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris”. JUPITER,Vol.13,No.1(2021)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syalwa Rosya Elvida, Surya Masniari Hutagalung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.