PENGEMBANGAN ANIMASI VIDEO DENGAN TEMA BERTETANGGA

Authors

  • Laila Rahmadani Pasaribu Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pengembangan, Video Animasi, Kehidupan Bertetangga, Doratoon

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan survei tahun 2020 terhadap mahasiswa Kelas A program bahasa Jerman di Universitas Negeri Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran bagi siswa dengan meningkatkan minat belajar dan minat mereka terhadap pengalaman budaya Jerman. Penelitian ini merupakan studi perkembangan yang menerapkan teori Richey dan Klein dengan tiga langkah perkembangan, yaitu Perencanaan, Penciptaan dan Evaluasi, yang dijabarkan secara deskriptif. Data dalam penelitian ini tersedia dalam bentuk frasa, kalimat, kosakata dan dialog tentang topik kehidupan bertetangga. Kemudian sumber data diperoleh dari kutipan materi yang relevan dari sumber Internet dan beberapa kutipan materi dalam buku "Antarbudaya" karya Surya Masniari dan Suci Pujiastuti. Hasil penelitian ini tersedia dalam bentuk produk video animasi tentang Doratoon dengan durasi 7 menit, yang dinilai oleh validator media dan cocok sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariandi. (2021). Die Erstellung eines Comics zum Thema der Unterschied zwischen der Nachbarschaftskultur in Indonesien und in Deutschland.

Buchari, M., Sentinowo, S., & Lantang, O. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan. E-Journal Teknik Informatika, 6(1), 1–6. https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika/Article/View/9964/955 0

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Latif Abdul & Trie Utari Dewi. (2023). Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan doratoon bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA. Jurnal pengabdian masyarakat. Vol: 3 No. 1

Margareta Widiyasanti dan Yulia Ayriza. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1. Yogyakarta, UNY.

Ponza, Putu, dkk. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. 2018. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20257/12321.

Richey, R. & Klein J. (2007). Design and development research: Method, Strategies, & Issues. Mahwah: Lawrence Publishers.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 0(1), 53–67.

Syaparuddin & Elihami. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal. 1(1): 187-200.

Wardoyo, T. C. T., & Faqih Ma’arif, M. T. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil (JEPTS), 3(3), 1.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Laila Rahmadani Pasaribu. (2024). PENGEMBANGAN ANIMASI VIDEO DENGAN TEMA BERTETANGGA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1697–1704. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/731

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.