PEMBUATAN KOMIK CERITA RAKYAT BURUTI SIRASO DEWI BIBIT UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA

Authors

  • Marlina Wati Laia Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

pengembangan, komik, cerita rakyat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat komik cerita rakyat “Buruti Siraso Dewi Bibit” untuk keterampilan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan. Proses pembuatan komik berjudul “Buruti Siraso Dewi Bibit” ini terdiri dari tiga tahap berdasarkan teori Richey dan Klein, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap produksi, dan (3) tahap evaluasi. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan frasa dari cerita rakyat “Buruti Siraso Dewi Bibit”. Sumber data penelitian ini adalah buku Jejak Cerita Rakyat Nias karya Viktor Zebua. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah komik berjudul “Buruti Siraso Dewi Bibit” yang dibuat menggunakan Ibis Paint X

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhilah, et al. (2023). Pengertian media, Tujuan,Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research 1.2 (2023): 01-17.https://scholar.google.co.id/scholar?q=Aisyah+fadhilah+(2023)+Pengertian+media,Tujuan,+fungsi,+manfaat+dan+urgensi+Media+Pembelajaran&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=sc holart

Kustandi dan Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Lilik Wahyuni. (2019). Motif Cerita Rakyat Malin Kundang Sebagai Sarana Penjaga Integritas Sosial Masyarakat Asean. Waskita, 3(1).https://waskita.ub.ac.id/index.ph p/waskita/article/view/61

Nafala, Nur Mazidah. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.AL-FIKRU:JURNAL PENDIDIKA DAN SAINS,3(1).https://ejournal.unzah.ac.id/index. php/alfikru/article/view/571/564

Nasution, Anwar Efendi. (2019). “E- KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Di Era Digital.” IQRA : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e- Journal) 13 (1): 105 6.https://doi.org/10.30829/iqra.vl3il. 4365.

Paggara, et al. (2022). Media Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM Puspanandan DianRatna. (2022). Studi Literatur:Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol 9. No 1. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac. id/index.php/JPE/article/view/1682

Rahmi, et al. (2022). Media Sari, Temu Kurnia Ambar.(2019).Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Di SD Negeri 4 Metro Barat. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro1441H/2019 M. https://repository.metrouniv.ac.id/id/ eprint/608/1/Temu%20Kurnia%20A mbar%20Sari_1501050137_PGMI%20- %20Perpustakaan%20IAIN%20Metr o.pdfi

Pembelajaran. Padang : Pt. Global Eksekutif Teknologi. Subudiartha et al. (2023). Medibang Paint sebaga Media Digital Painting. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol.1 No.3. https://journal.ikmedia.id/indeks.php /jishum

Wahyono, Ponco Tri. (2021). Pengembangan Alat Bantu Latihan Smash Bola Voli. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.https://repository.stkippacita n.ac.id/id/eprint/588/8/PONCO%20T RI%20WAHYONO_BAB%20II_PJ KR2021.pdf

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Marlina Wati Laia. (2024). PEMBUATAN KOMIK CERITA RAKYAT BURUTI SIRASO DEWI BIBIT UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1705–1714. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/733

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.