FOOD PHOTOGRAPHY DALAM PROMOSI DI GROOVY SPACE

Authors

  • Muhammad Ripjan Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda
  • Ruhimat Ruhimat Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda

Keywords:

Food Photography, Promosi

Abstract

Food Photography sudah ada di era 1800-an yang mana pada era tersebut food photography digunakan hanya untuk menampilkan makanan yang baru selesai diolah, tapi dengan seiring berkembangnya zaman food photography tentunya memiliki peran penting untuk berbagai keperluan sutau perusahaan. Di zaman sekarang ini salahsatu kegunaan food photography yaitu untuk menunjang dalam promosi suatu perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage. Groovy Space merupakan salahsatu bisnis usaha yang bergerak dibidang food and beverage, Groovy Space juga yang menjadikan food photography sebagai penunjang dalam promosi produk makanan dan minuman nya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui food photography dalam promosi di Groovy Space. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dalam pengumpulan datanya melalui tiga proses tahapan yaitu melakukan wawancara dengan informan penelitian yang sesuai dan telah memenuhi klasifikasi/kriteria, melakukan observasi dilapangan terhadap food photography yang di unggah melalui media sosial Instagram nya dan yang terakhir mengumpulkan dokumentasi atau berkas-berkas dokumen yang peneliti butuhkan dan sesuai dengan fokus penelitian yaitu food photography dalam promosi. Pembahasan pada penelitian yaitu sesuai data yang telah didapatkan bahwa Groovy Space dalam promosinya menggunakan food photography dan dalam food photography yang digunakan tidak terlepas juga dari penggunaan teknik food photography sendiri. Seperti penggunaan lighting, komposisi fotografi dan angle photography. Teknik food photography tersebut juga yang dapat menentukan food photography Groovy Space itu dapat mempersuasi konsumen terhadap produk yang di promosikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarozi, E. (2023). Penggunaan Lighting Dalam Fotografi Konseptual Human Intrest . Jurnal Imaji: Film, Fotografi, Televisi, Dan Media Baru , 108-117.

Andina, Y. (2022). Kreativv. Retrieved From Kreativv.Com: Https://Kreativv.Com/Promosi-Restoran/

Hamdanu, A., Nurmana, B., Mulyana, & Slamet, S. (2022). Brand Desain Melalui Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Jurnal Komputer Grafis, 231-244.

Harsanto, P. W. (2017). Fotografi Dalam Desain Komunikasi Visual (Dkv). Jurnal Imaji , 140-148.

Herlin, G., & Sukendro, G. G. (2020). Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. Prologia, 167-172.

Herlina, Y. (2007). Komposisi Dalam Seni Fotografi. Nirmana, 82-88.

Herwanto, A. P., & Sutrisno, A. A. (2019). Continous Light Dan Artificial Light Pada Karya Portrait Fotografi Bantengan. Journal Of Art, Design, Art Education And Culture Studies (Jadecs), 32-38.

Hikaru, A. B. (2022). Pengaruh Angle Kamera Dalam Penerapan Videografi Dan Fotografi. Specta Journal Of Photography, Arts, And Media , 67-72.

Kusumadinata, A. A., Ramadhan, A., Maulana, D., & Wiratama, F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Hegar Coffee & Liwet Melalui Akun Instagram. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 9(3), 316-324.

Kusumadinata, A., Sumah, A., & Suryatna, U. (2023). Paparan Media Iklan Media Sosial Kepada Petani Jagung. Jurnal Multidisiplin Madani , 3 (11), 2235-2242.

Langford, M. (2007). Langford's Basic Photography: The Guide For Serious Photographers. Inggris : Oxford; Burlington, Ma : Elsevier.

Megadin, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 69-81.

Muliawan, K. D., & Pradnyanita, A. A. (2021). Analisa Teknik Fotografi Dalam Tren Food Photography. Jurnal Nawala Visual, 40-46.

Muzhaffar, F. R., Sari, M. P., Fathonia, B. Z., & Arsi, N. A. (2024). Menganalisa Teknik Dan Komposisi Foto Dalam Food Photography. Retina Jurnal Fotografi, 134-140.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Setiawan, A., Heriyawati, Y., & Saleh, S. (2022). Visualization Of Food Photography In The Gofood Menu In Majalaya. Jurnal Senirupa, 27-38.

Solihin, M. (2021). Fotografi Sebagai Media Politik Di Indonesia. Massive Jurnal Ilmu Komunikasi, 67-76.

Suryawan, Y., & Wibowo, T. (2020). Analisis Komposisi Foto Pada Landscape Photography. Journal Uib, 533-539.

Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. Jurnal Proporsi, 224-234.

Wahyuni, T. R., & Maulidya, C. F. (2022). Analisis Komposisi Fotografi Pada Foto ‘Landscape’ Karya Nadav Kander. Jurnal Dasarupa, 21-29.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Muhammad Ripjan, Ali Alamsyah Kusumadinata, & Ruhimat, R. (2024). FOOD PHOTOGRAPHY DALAM PROMOSI DI GROOVY SPACE. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2175–2186. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/840

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.