PERAN SHALAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Authors

  • Akmir Akmir Program Studi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Alvin Kurniawan Program Studi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Aldhy Ruslansyah Program Studi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muhammad Rifkal Program Studi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Keywords:

shalat, karakter, etika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran shalat dalam pembentukan karakter dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini melibatkan 250 responden yang aktif melaksanakan shalat lima waktu. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shalat secara signifikan mempengaruhi pengembangan karakter individu, dengan meningkatkan disiplin, tanggung jawab, dan kesabaran. Selain itu, shalat juga berperan penting dalam pengembangan etika sosial, mendorong nilai-nilai kejujuran dan keadilan, serta mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional responden.Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penerapan prinsip-prinsip shalat dalam kehidupan sehari-hari berkontribusi pada perilaku yang lebih sopan dan hormat, serta membantu individu mengatasi stres dan meningkatkan keseimbangan emosional. Penelitian ini juga menemukan bahwa dampak shalat bervariasi berdasarkan usia dan latar belakang pendidikan, dengan responden muda melaporkan manfaat yang lebih besar dalam disiplin diri dan responden dengan pendidikan tinggi merasakan dampak yang lebih signifikan terhadap etika sosial dan profesional mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya shalat sebagai alat untuk pengembangan pribadi dan sosial yang holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmir. (2022). Upaya Pembinaan Akhlak Para Pelajar Untuk Mengantisipasi Degradasi Moral Di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Ushuluddin Adab Dan Dakwah, 5(1),.

Fatimah, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Mts Ma’arif Gemawang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 5(2),.

Hayati, A. M. U. Shalat Sebagai Sarana Pemecah Masalah Kesehatan Mental (Psikologis). Noer, “Shalat Benar”,.

Kafrawi. (2018). Nilai Pendidikan Dalam Shalat Fardhu (Studi Tafsir Al-Misbah). Jurnal Al-Aulia, 4(1).

Sazali, (2016). Signifikansi Ibadah Sholat Dalam Pembentukan Kesehatan Jasmani Dan Rohani. Ilmu Dan Budaya, 40(52),.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Akmir, A., Alvin Kurniawan, Aldhy Ruslansyah, & Muhammad Rifkal. (2024). PERAN SHALAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2247–2252. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/850

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.