ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PEMBAYARAN SEKOLAH BERBASIS PAYMENT GATEWAY DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA STARTUP APPSO
Keywords:
UI/UX, Design Thinking, Aplikasi Pembayaran SekolahAbstract
Perkembangan teknologi telah mendorong kemajuan pesat dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang user interface (UI) dan user experience (UX) untuk aplikasi pembayaran sekolah berbasis payment gateway dengan menggunakan metode Design Thinking di startup APPSO. APPSO adalah aplikasi yang berfokus pada pengelolaan pembayaran sekolah secara online, yang mencakup fitur cetak bukti pembayaran, laporan transaksi, notifikasi email, dan monitoring orang tua. Metode Design Thinking digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna melalui wawancara, menentukan permasalahan, ideasi solusi, perancangan prototipe, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan utama pengguna adalah antarmuka yang mudah digunakan dan mendukung berbagai metode pembayaran seperti virtual account, e-wallet, dan QRIS. Pengujian usability menunjukkan bahwa prototipe yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memiliki desain yang menarik dan mudah digunakan. Dengan menggunakan perpaduan metode waterfall dan Design Thinking, penelitian ini menghasilkan prototipe aplikasi yang efisien dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Downloads
References
Al Baihaqi, F., & Suranto, B. S. (2023). Perancangan UI/UX berbasis Android untuk manajemen keuangan pribadi dengan metode design thinking.
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis dan perancangan UI/UX aplikasi Lazada menggunakan metode design thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91.
Astriyani, E., Sari, M. M., & Herman. (2020). Pembayaran SPP berbasis web menggunakan notifikasi SMS gateway. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 6(1), 106–116.
Da Silva Finamore, P., et al. (2021). No title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750
Juliansyah, I. A. (2022). Metodologi design thinking, 2.
Kurniawan, R., & Budi, M. (2022). Perancangan UI/UX aplikasi manajemen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menggunakan aplikasi Figma. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 2–7.
Makmu, G. (2023). Bisnis startup: Fenomena, problematika, dan analisis perspektif hukum ekonomi syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, 5, 2714–6917.
Nur Aziz, M. K. (2022). Analisis perancangan sistem informasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/407171-analisis-perancangan-sistem-informasi-80630654.pdf
Prabowo, F. S. (2020). Perancangan dan pembuatan transformable furniture dengan menggunakan design thinking, 1–97.
Sari, N. N. K., Geges, S., & Hasanah, N. (2023). Penerapan sistem notifikasi chat dan payment gateway pada sistem informasi pembayaran SPP berbasis website. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informasi, 17(1), 90–100. https://doi.org/10.47111/jti.v17i1.7854
Soedewi, S. (2022). Penerapan metode design thinking pada perancangan website UMKM Kirihuci. Visualita: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Ulya, U. D., Yuana, H., & Puspitasari, W. D. (2022). Perancangan aplikasi pembayaran biaya sekolah berbasis website menggunakan metode waterfall. JATI (Jurnal Mahasiswcvc va Teknik Informatika), 6(2), 742–746. https://doi.org/10.36040/jati.v6i2.5607
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Herlina, Asri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.