Strategi Komunikasi Sales Dalam Upaya Mencapai Closing Customer Pada Penjualan Mobil Toyota Di PT. Krida Dinamik Autonusa Mataram

Authors

  • I NYOMAN BUDI ARTHA S Magister Ilmu Komunikasi Hindu Program Pascasarjana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Keywords:

Strategi Komunikasi, Sales, Closing Customer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi sales Krida Toyota dalam upaya mencapai closing customer, menguraikan kendala-kendala yang menghambat penetapan strategi komunikasi sales Krida Toyota untuk mencapai closing customer dan menguraikan implikasi penggunaan strategi komunikasi sales Krida Toyota terhadap kepuasan customer dan peningkatan penjualan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai adalah tiga orang sales Krida Toyota, tiga orang customer dari sales yang bersangkutan dan satu orang supervisor pada divisi penjualan di Krida Toyota Mataram. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang berupa triangulasi waktu dan sumber.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh sales Krida Toyota adalah dengan menggunakan teknik redudancy, teknik informatif, teknik persuasif dan teknik edukatif. Kendala-kendala yang dialami sales Krida Toyota adalah kendala dalam proses penyampaian informasi (process barrier) berupa kendala miskomunikasi dengan customer mengenai informasi harga dan diskon yang diberikan, kendala cara berkomunikasi terhadap customer yang agak sulit dimengerti, kendala penggunaan bahasa daerah oleh customer (semantic barrier). Penggunaan strategi komunikasi oleh sales Krida Toyota, kemampuan berkomunikasi secara persuasif dan kemauan untuk selalu menjaga komunikasi dengan customer berimplikasi terhadap kepuasan customer dimana customer bersedia untuk mereferensikan kembali pada keluarga atau kerabat lainnya untuk membeli produk Toyota, bersedia menjadi customer loyalis yang salah satunya menjadi faktor meningkatnya penjualan produk Krida Toyota

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. (2018). strategi komunikasi pemerintah kota tangerang selatan dalam mensosialisasikan program smart city. 20–35. repository.uinjkt.ac.id

Admin. (2023). pahami arti closing dan tekniknya agar bisnis makin sukses. biteship.https://biteship.com/blog/arti-closing-dan-tekniknya. closing adalah sebuah tindakan%2c keputusan,agar tujuan bisnis menjadi tercapai.

Admin ciputra. (2022). sales adalah: pengertian dan jenis pekerjaannya. universitas ciputra. https://www.uc.ac.id/sales-adalah-pengertian-dan-jenis-pekerjaannya.

Admin populix. (2023). apa itu konsep penelitian. populix. https://info.populix.co/articles/konsep-adalah.

Admin populix. (2023). mengenal rancangan penelitian: pengertian, elemen, serta jenis. populix blog. https://info.populix.co/articles/rancangan-penelitian.

Admin upt jurnal. (2023). teknik analisis data: pengertian, jenis dan cara memilihnya. jurnal ilmiah umsu. https://uptjurnal.umsu.ac.id/teknik-analisis-data-pengertian-jenis-dan-cara-memilihnya.

As, Munawi. (2023). pengaruh electronic word of mouth di media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung ke pemandian air panas tirtagangga cipanas garut jawa barat. jurnal.pps.uniga.ac.id.

Aziz, Y. A (2022). kerangka penelitian: pengertian, isi dan contoh. depublish. https://deepublishstore.com/blog/kerangka-penelitian.

Cabang, t. b. k., kota, c., & lestari, r. (2015). strategi komunikasi pemasaran mobil. 6(1), 89–104.

Dosen sosiologi. (2023). pengertian kerangka penelitian, macam konsep, dan contohnya. dosen sosiologi. https://dosensosiologi.com/kerangka-penelitian-pengertian-dan-contohnya-lengkap.

Dwi, A. (2023). pengertian, tujuan dan etika komunikasi persuasif. fisipol blog. https://fisip.umsu.ac.id/2023/05/06/pengertian-tujuan-dan-etika-komunikasi-persuasif.

Emmi, M. (2022). implementasi metode edutainment dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas x mipa 1 sma negeri 1 sambit tahun pelajaran 2021/2022. http://etheses.iainponorogo.ac.id.

Ev, W. A. (2023). strategi komunikasi bisnis dalam upaya meningkatkan minat. 16(1), 1–14.

Gaikindo. (2023). penjualan mobil januari 2023 tembus 94.087 unit. gaikindo.or.id. https://www.gaikindo.or.id/penjualan-mobil-januari-2023-tembus-94-087-unit.

Hadiyani, H. R. (2017). sales promotion sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan toyota calya studi kasus pt . astra international , tbk . ( auto 2000 sudirman jakarta ) tugas akhir.

Hariyanti, M. (2015). analisis data kualitatif miles dan hubermen. kompasiana. https://www.kompasiana.com/meykurniawan.

Humaira, N. (2023). sales adalah: arti, fungsi, jenis dan tugasnya. detik. https://finance.detik.com/sales-adalah-arti-fungsi-jenis-dan-tugasnya.

Iii, B. A. B., & penelitian, a. r. (n.d.). imam gunawan,. 3, 51–74.

Jacob, J. (2022). tujuan & cara menyusun strategi komunikasi pemasaran. onetalk. https://taptalk.io/blog/komunikasi-pemasaran/

Juana, I. Nd. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Toyota Pada PT. Agung Automall Pekanbaru (Studi di Outlet Cabang Harapan Raya).

Latifatunnisa, H. (2022). pengertian data: fungsi, jenis, dan contoh sederhana. revoupedia.https://revou.co/panduan-teknis/pengertian-data.penutup-,data adalah sekumpulan karakter (angka atau deskripsi) yang dikumpulkan dan,ada data kuantitatif dan kualitatif.

Mekarisce, A. A. (2020). teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat data validity check techniques in qualitative research in public health. jurnal ilmiah kesehatan masyarakat, 12(3), 145–151. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102.

Mingkid, E. (2017). e-journal “acta diurna” volume vi. no. 2. tahun 2017. vi(2).

Mirawati, I. (2021). pemanfaatan teori komunikasi persuasif pada penelitian e-commerce di era digital. medium, 9(1), 58–80. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Nandy. (2022). mengenal customer: pengertian, jenis, karakteristik, & cara menghadapi. gramedia blog. https://www.gramedia.com/literasi/customer.

Nathania, R. (2023). sales representative: mengenal arti, tugas, hingga skill yang diperlukannya. glints blog. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-sales-representative.

Noer, Z. (2023). teknik pengumpulan data. blog agribisnis uma. https://agribisnis.uma.ac.id/2023/01/13/teknik-pengumpulan-data.

Pratiwi, E. A. (2020). efektivitas promosi kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak di sd negeri 5 kota bengkulu. november 2018, 51–61. http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id.

Psikologimania. (2013). pengertian teori. jurnal hasil riset. https://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-teori.html.

Putri, V. K. M. (n.d.). komunikasi persuasif: pengertian serta tujuannya. 2022. https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/15/090000569/komunikasi-persuasif--pengertian-serta-tujuannya.

Riadi, m. (2022). strategi komunikasi (pengertian, teknik, langkah dan hambatan). sman3 cikarang utara. https://www.sman3cikarangutara.sch.id/read/4/strategi-komunikasi-pengertian-teknik-langkah-dan-hambatan#:~:text=menurut effendy (2011)%2c strategi,mengubah sikap atau perilaku seseorang.

Rijali, A. (2018). analisis data kualitatif ahmad rijali uin antasari banjarmasin. 17(33), 81–95.

Salmaa. (2023). apa itu kajian pustaka: jenis dan contoh. depublishstore. https://deepublishstore.com/blog/kajian-pustaka.

Samsuri, T. (2003). kajian teori, kerangka, konsep dan hipotesis dalam penelitian. kajian teori, kerangka konsep dan hipotesis dalam penelitian, 1–7. https://docplayer.info/49065367-1-kajian-teori-kerangka-konsep-dan-hlpotesls-dalam-penelltl-an-makalah.html

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

I NYOMAN BUDI ARTHA S. (2024). Strategi Komunikasi Sales Dalam Upaya Mencapai Closing Customer Pada Penjualan Mobil Toyota Di PT. Krida Dinamik Autonusa Mataram. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4002–4011. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/514

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.