TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA DIGITALISASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Authors

  • M Zidan Rizki Fakultas Syariah, Prodi Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Tantangan, Kecerdasan Buatan, Pendidikan Karakter

Abstract

Dalam penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan tawaran solutif dalam membentuk pendidikan yang berkarakter di tengah tantangan pendidikan Indonesia di era digitalisasi Artificial Intelligence saat ini. kehadiran digitalisasi saat ini memebawa perubahan yang sangat signifikan terhadap pendidikan di Indonesia hari ini, mengubah para digma berfikir yang dimana pada awalnya tradisional menjadi lingkungan yang sangat dinamis dan terkoneksi, Meskipun banyak peluang dan kemudahan yang muncul akibat transformasi digital ini, terdapat pula tantangan yang dihadapi, salah satunya yaitu ketidaksetaraan pada akses teknologi, menurunnya kualitas pembelajaran, terkikisnya budaya kritis, serta memudarnya motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang terfokus pada telaah pustaka dari berbagai sumber refrensi seperti buku, jurnal, artikel dan lain lain. Hasil penelitian pustaka ini menunjukaan bahwa dampak negatif yang ditimbulkan oleh Artificial Intelligenci ini lebih banyak dari pada hal positifnya. Dalam merespon keadaan  pendidikan saat ini maka menurut hemat penulis, sangat diperlukan untuk menanamkan kembali nilai nilai pendidikan yang berkarakter dalam upaya untuk mengembalikan citra pendidikan di indonesia demi terciptanya generasi yang cerdas dalam merespon tantangan di era digitalisasi saat ini dengan tidak menghilangkan nilai nilai luhur, sehingga terbentuknya genarasi akedemis yang memiliki dampak terhadap kemashlahatan bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep Totoh Widjaya, Potret pendidikan Indonesia, (CV Lindan Bestari, 2020).

Ishmatun Naila, Pengaruh Artificial Intelligenci Terhadap Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers, (At- Tullab, Vol.2, 2023).

Ivan Goklas Doloksaribu, Jembatan Ilmu, AI Dalam Konteks akademis Unttuk Masa depan Pendidikan, (Cv Brimedia, 2020)

Gede Surya Mahendra, Tren Teknologi AI Pengantar, Teori dan Contoh Penerapan Artificial intelligenci di berbagai Bidang, (PT Sonpedia Publishing Indonesia, 2024)

Muhammad Imam, Pendidikan Yang berkarakter, (Lentera Karya, vol.4 2021)

M Fauzi gafar, Jembatan Ilmu, AI Dalam Konteks akademis Unttuk Masa depan Pendidikan, (Cv Brimedia, 2020)

Muhammad Waqqor Bukhari, Implementasi Penggunaan AI Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Tekhnologi Pendidikan Angkatan 2023, Jurnal Pendidikan transformatif, Vol 3 2024.

Rachmi, Transformasi Pendidikan di Era Digital Peluang dan Tantangan, (BANJARESE, Vol.2 2024)

Regina Dwi Aulia, Analisis pengaruh Penggunaan AI Chat GPT Terhadap Minat Baca Mahasiswa Sistem Informasi ITS, Jurnal pendidikan bahasa dan budaya, Vol.3, 2004

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

M Zidan Rizki. (2024). TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA DIGITALISASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2921–2929. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1000

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.