ANALISIS FAKTOR YANG PALING MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MEMILIH JASA EKSPEDISI

Authors

  • Asima Winola Siahaan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Ivana Narga Graysella Sitompul Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Nisa Zahra Winnetou Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Marcilino Lefrans Purba Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Mickael Pranata Saragih Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Reinaldo Siagian Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Agus Rahmadsyah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

Keywords:

keputusan pelanggan, jasa ekspedisi, kecepatan pengiriman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih jasa ekspedisi. Dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan ekspedisi, khususnya dalam era digital dan e-commerce, pemahaman mengenai preferensi pelanggan menjadi sangat penting bagi penyedia jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari 200 responden yang merupakan pengguna aktif layanan ekspedisi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis faktor dan regresi linier untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang memengaruhi keputusan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang paling mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih jasa ekspedisi, yaitu kecepatan pengiriman, biaya layanan, dan kualitas layanan pelanggan. Di antara ketiga faktor tersebut, kecepatan pengiriman memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pelanggan, diikuti oleh biaya layanan. Faktor kualitas layanan pelanggan juga berperan penting, terutama dalam menciptakan loyalitas dan kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi penyedia jasa ekspedisi untuk meningkatkan layanan dengan fokus pada pengoptimalan waktu pengiriman dan transparansi biaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bitner, MJ, & Hubbert, AR (1994). Persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan: Tinjauan kritis dan agenda penelitian. Jurnal Ritel , 70(4), 331-350.

Cao, Y., & Wang, J. (2021). Dampak kecepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan dalam industri e-commerce: Sebuah studi berdasarkan ulasan online. Jurnal Internasional Manajemen Logistik , 32(3), 527-544.

Hernandez, M., & Kim, J. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi pilihan pelanggan terhadap penyedia layanan logistik: Bukti dari sektor e-commerce. Jurnal Riset Bisnis , 102, 102-113.

Kearney, AT (2018). Pentingnya kepuasan pelanggan di sektor logistik. Manajemen Logistik , 57(3), 45-50.

Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen Pemasaran (edisi ke-15). Pearson.

Li, Y., & Wang, Y. (2019). Peran akurasi pengiriman dalam kepuasan pelanggan: Bukti dari survei skala besar. Jurnal Ilmu dan Manajemen Layanan , 12(1), 1-11.

McKinsey & Company. (2019). Dampak transparansi dalam logistik terhadap kepuasan pelanggan. Diperoleh dari https://www.mckinsey.com

Widodo, S., & Santoso, B. (2019). Pengaruh biaya dan kecepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan di negara berkembang: Studi kasus di Indonesia. Asian Journal of Business and Management , 7(2), 1-10.

Zhang, T., Li, H., & Wang, L. (2020). Pengaruh kecepatan pengiriman terhadap loyalitas pelanggan dalam e-commerce: Peran mediasi kepuasan pelanggan. Jurnal Internasional Penelitian dan Aplikasi Logistik , 23(5), 1-15.

Zhou, Y., dkk. (2020). Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap penyedia layanan logistik. Bisnis Layanan , 14(2), 327-352.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Asima Winola Siahaan, Ivana Narga Graysella Sitompul, Nisa Zahra Winnetou, Marcilino Lefrans Purba, Mickael Pranata Saragih, Reinaldo Siagian, & Agus Rahmadsyah. (2024). ANALISIS FAKTOR YANG PALING MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MEMILIH JASA EKSPEDISI. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 3499–3513. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1107

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.