Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Tebak Kata Terhadap Pemahaman Membaca Dan Menyimak Siswa Kelas Iv Sdn 45 Bengkalis

Authors

  • Suhardi Suhardi Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Kasman Ediputra Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Membaca, Menyimak, Tebak kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan tebak kata terhadap pemahaman membaca dan menyimak siswa kelas IV SDN 45 Bengkalis. Data dikumpulkan melalui teknik tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata kemampuan pemahaman membaca sebesar 57.41 dan keterampilan menyimak sebesar 50.50, yang mengindikasikan rendahnya kemampuan siswa pada kedua aspek tersebut. Setelah diberikan perlakuan berupa metode permainan tebak kata selama lima pertemuan, skor rata-rata posttest meningkat menjadi 76.73 untuk kemampuan pemahaman membaca dan 79.05 untuk keterampilan menyimak. Uji normalitas dengan metode Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, sementara uji homogenitas dengan Levene's Test mengindikasikan bahwa varians data homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Paired T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest (p < 0.001) baik untuk pemahaman membaca maupun menyimak. Hasil ini membuktikan bahwa metode permainan tebak kata secara signifikan meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dan menyimak siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode permainan tebak kata efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan pemahaman membaca dan menyimak siswa sekolah dasar. Metode ini menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. A. (2018). efektivitas pemainan tebak kata tehadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 165bbira kecamatan. Universitas Mehammadiyah Makasar.

Blegur, J. (2019). Permainan kecil. Teori Dan Aplikasi.

Hamidah, H., & Rahayu, W. (2023). penerapan metodek tebak kata untuk meningkatakn keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun di tk litle star garut. Jurnal Pendidikan Tamusai, 7(3).

Handayani, D., & Rusdiana, A. (2016). Pengembangan permainan tebak kata sebagai media pembelajaran pada materi kimia unsuse. Jurnal Efmipa Universitas Negri Surabaya, 5(2), 333.

Hanifah, U. (2016). Penerapan model PAIKEM dengan mengunakan media permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa arab. Jurnal Tarbiyah, 5(2), 301–330.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tasqif, 17(1), 19–33.

Nuraini, U. (2023). Metode pembelajaran berbasis Proyek. Manajemen Berbasis Outcome Based Education.

Setiawan, D. A. (2021). Petunjuk pratikum uji normalitas dan homogenitas data dengan spss.

Suastika, N. S. (2018). Problamatika pembelajaran membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. Adi Widta: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57–64.

Yunarti. (2022). Metode bermain tebak kata guna meningkatkan aspek bahasa dan kemampuan membaca awal dengan teknik tujug tujuh. Jurnal Pakar Guru, 2(1).

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Suhardi Suhardi, Masrul Masrul, & Kasman Ediputra. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Tebak Kata Terhadap Pemahaman Membaca Dan Menyimak Siswa Kelas Iv Sdn 45 Bengkalis. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4011–4020. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1201

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.