MENGANALISIS PEMAHAMAN SEORANG GURU DI SD NEGERI 104207 CINTA DAMAI TERKAIT DENGAN PROPOSAL

Authors

  • Tiur Claresya Sianturi UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Fitria Nisa Domi Yanti Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Putri Salsabila Nasution Universitas Negeri Medan
  • Rachel Laurencia Universitas Negeri Medan
  • Agnes Agatha Pane Universitas Negeri Medan
  • Rosmaini Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pemahaman Guru, Proposal Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menganalisis pemahaman guru di SD Negeri 104207 Cinta Damai dalam penyusunan proposal pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen proposal. Subjek penelitian terdiri dari 10 guru yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru mengenai penyusunan proposal masih beragam. Sebagian besar guru memahami struktur dasar proposal namun menghadapi kesulitan dalam merumuskan tujuan yang jelas dan mengidentifikasi masalah yang relevan. Selain itu, terdapat kekurangan dalam alokasi anggaran dan penyusunan rencana evaluasi yang efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman guru meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan frekuensi pelatihan. Rekomendasi penelitian ini menekankan perlunya peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan dan pendampingan intensif dalam penyusunan proposal. Panduan yang lebih sistematis dan mudah dipahami juga diperlukan untuk membantu guru. Diharapkan dengan langkah-langkah ini, kualitas proposal yang disusun oleh guru dapat meningkat dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan pendidikan di SD Negeri 104207 Cinta Damai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Proposal merupakan rencana yang Lubis, Fitriani, dkk. (2023). “Bahan Ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia”. Medan: CV.Daris Indo

Badudu, J., & Zain. (1997). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan . Daris Indonesia. Nurwardani, P., & dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. D irektorat, J. P. (2016).

Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pembelajaran dan

Kemahasiswaan.

Fitriani Lubis., S. M., & dkk. (2023). Bahan Ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia ( Dilengkapi Petunjuk

Teknis Menulis Proposal PKM, Melaporkan Kegiatan PKM, Menghadapi PKP 2, hingga Menyiapkan Presentasi di PIMNAS PKM. Medan : CV.

Harimurti, K. (1985). Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende - Flores: Nusa Indah. Mulyadi. (2017). Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.

Nurjamal, D., & dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Sanggup, B., & dkk. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia. Medan: Unimed .

Siti, I., & Umi, F. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Sujinah, dkk. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Surabaya : In UM Surabaya Publishing.

https://repository.unib.ac.id/11134/1/29.%20Agung%20Nugroho

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Sianturi, T. C., Yanti Sinaga, F. N. D., Nasution, P. S., Laurencia, R., Pane, A. A., & Rosmaini. (2024). MENGANALISIS PEMAHAMAN SEORANG GURU DI SD NEGERI 104207 CINTA DAMAI TERKAIT DENGAN PROPOSAL. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 646–651. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/484

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.