EKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 TENTANG KAIDAH - KAIDAH EJAAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN PENDIDIKAN INTERAKTIF DI SD 105322 DESA MESJID

Authors

  • Stela Lianti Bangun UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Raenjoy Daman Dasuha Universitas Negeri Medan
  • Realita Baijura Purba Universitas Negeri Medan
  • Dwisandha Sidauruk Universitas Negeri Medan

Keywords:

inovasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman siswa kelas 4 tentang kaidah-kaidah ejaan bahasa Indonesia melalui permainan pendidikan interaktif di SD 105322 Desa Mesjid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes tertulis yang dirancang dalam bentuk permainan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan pendidikan interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kaidah ejaan bahasa Indonesia. Permainan ini membantu siswa lebih mudah memahami materi dengan cara yang menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi metode pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pengajaran kaidah ejaan di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat dasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S., & Nurhayati, N. (2017). Penggunaan permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Arifin, S. R., & Kusrianto, A. (2019). Pengembangan permainan edukasi berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman kaidah ejaan bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 1-10.

Dewi, P. S., Suardika, I. K., & Suartama, I. K. (2020). Pengembangan permainan edukasi interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 118-127.

Fauziah, R., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengaruh permainan edukatif terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 28-37.

Hadi, S., & Sari, N. (2017). Pengembangan permainan edukatif berbasis multimedia untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat pada siswa kelas 3 SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 76-85.

Haryanto, E., & Suyanto, S. (2019). Penggunaan permainan edukatif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 55-63.

Hidayah, N., & Sarwi, S. (2021). Efektivitas permainan edukasi dalam pembelajaran kaidah ejaan bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 19-28.

Kusmayati, A. M., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 18-27.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Bangun, S. L., Dasuha, R. D., Purba, R. B., & Sidauruk, D. (2024). EKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 TENTANG KAIDAH - KAIDAH EJAAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN PENDIDIKAN INTERAKTIF DI SD 105322 DESA MESJID. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 652–661. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/485

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.