PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK

Authors

  • Fitrah Maya sari H UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Nurul Azmi UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Putri Kemala Dewi Lubis UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Yan Septian UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Keywords:

Akuntansi, Pemerintahan, Akrual, Sektor

Abstract

Sektor Akuntansi Publik Berbasis Akrual adalah Sektor Akuntansi Sektor Publik yang mengakui pendapatan, beban, aset, utang,  dan  ekuitas  dalam  pelaporan  finansial  berbasis  akrual,  serta mengakui   pendapatan,   belanja dan   pembiayaan   dalam   pelaporan pelaksanaan anggaran berdasarkan basis yang ditetapkan dalam APBD. Basis akrual adalah basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar. Manfaat dari basis akrual ini adalah memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah, menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah, dan bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan, efisiensi dan pencapaian tujuan.Sesuai dengan Undang-Undang No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan dan Pengelolaan Tanggung Jawab Keuangan Negara diketahui bahwa kriteria pemberian opini laporan keuangan oleh BPK adalah: Kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah, Kecukupan Pengungkapan (Adequate Disclosure), Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan, dan Efektiitas Sistem Pengendalian Intern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasya A Lasabuda, J. M. (2020). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Riset Akuntansi, 167-174.

Friska Langelo, D. P. (2015). ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAH KOTA BITUNG. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 001-117.

Irene Thersya Henukh, M. F. (2020). Analisi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kota Kupang. Al-Mal : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 161-184.

Lamonisi, S. (2016). ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH KOTA TOMOHON. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 131-251.

M.Dimas Satrio, I. Y. (2016). Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual di Kabupaten Jombang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 59-70.

Risnaningsih. (2016). IMPLEMENTASI DAN KENDALA SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH BERBASIS AKRUAL.

Satya, V. E. (2023). PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DI PROVINSI JAWA BARAT. Kajian, 25.2, 145-160.

Septariani, J. (2018). ANALISIS DAMPAK PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 32-51.

SEptian Asriadi Putra, R. J. (2021). Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual dalam Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 85-182.

Teguh Irawati, D. K. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual : kajian dari aspek keprilakuan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 313-332.

Ulfi Maryanti, A. Y. (2015). Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 68.

Ulfi Maryati, A. Y. (t.thn.). Implementasi Akuntansi Pada Pemerintahan Daerah (Studi Pada Pemerintahan Kota Semarang dan Pemerintahan Kota Bandar Lampung. Jurnal.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Fitrah Maya sari H, Azmi, N., Lubis, P. K. D., & Septian, Y. (2024). PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 739–744. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/520

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.