PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (MIS) DI INDONESIA

Authors

  • Liza ulfitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh
  • Rayyan Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh

Keywords:

system, informasi, manajement

Abstract

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah seperangkat sistem terstruktur untuk mengelola dan memproses informasi, yang tujuannya adalah untuk selalu menyediakan informasi yang tersedia sebagai dasar pengambilan keputusan mengenai pencapaian tujuan organisasi. Tujuan utama SIM adalah memberikan informasi yang diperlukan untuk menghitung kebutuhan jasa, barang dan lain-lain yang diinginkan oleh manajemen. Memberikan informasi untuk perencanaan, pemantauan, evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan; dan memberikan informasi yang mendukung keputusan perusahaan. Sejarah perkembangan sistem informasi manajemen pada dasarnya erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi. Meski kartu SIM sudah ada sejak lama, namun kini semakin populer khususnya di Indonesia. Beberapa organisasi besar telah memperhatikan peningkatan penggunaan kartu SIM. Sejak awal, telah dipahami bahwa tantangan terbesar akan datang dari manajemen senior, bukan dari tingkat bawah. Adopsi kartu SIM di Indonesia biasanya terkait dengan sektor-sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia Lipursari (2013) menyelidiki pentingnya sistem informasi manajemen (MIS) dalam pengambilan keputusan dalam konteks .Jurnal Stie Semarang.

Lantip Diat Prasojo (2013) mempelajari sistem informasi manajemen pendidikan. yang diterbitkan oleh UNY Press di Yogyakarta.

Pagan, M. (2024) melakukan analisis terhadap sistem informasi manajemen PT. Bank Negara Indonesia dalam AKADEMI: Jurnal Mahasiswa Humanis, Volume 4 (1), hlm.114-121.

Alfiansyah, F. (2021) menyajikan komponen-komponen sistem informasi manajemen.

Rezek, S.G. dan Nasution, M.I.P. (2023) mengkaji pentingnya penggunaan database dalam sistem informasi manajemen di IJM: Jurnal Multidisiplin Indonesia, Volume 1 (4), hlm.1243-1251.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Liza ulfitri, & Rayyan Firdaus. (2024). PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (MIS) DI INDONESIA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 1179–1186. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/614

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.