UPAYA PEMBANGUNAN KERJASAMA INDONESIA SLOVAKIA DALAM PENANGGULANGAN TERORISME

Authors

  • Nia Andini Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Tamaulina Br.Sembiring Universitas Pembangunan Panca Budi

Keywords:

Kerjasama bilateral, Slovakia, penanggulangan terorisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pembangunan kerjasama antara Indonesia dan Slovakia dalam penanggulangan terorisme. Dengan meningkatnya ancaman terorisme global, kedua negara berusaha memperkuat hubungan bilateral mereka melalui berbagai inisiatif strategis. Penelitian ini menyoroti pertukaran informasi intelijen, pelatihan bersama pasukan anti- teror, dan peningkatan kapasitas teknologi sebagai elemen penting dari kerjasama tersebut. Selain itu, penelitian ini mengkaji peran diplomasi dan perjanjian internasional dalam memperkuat komitmen kedua negara terhadap keamanan regional dan global. Melalui analisis inisiatif-inisiatif konkret dan tantangan yang dihadapi, penelitian ini menunjukkan bagaimana Indonesia dan Slovakia bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan stabil di tengah dinamika ancaman terorisme yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. (2015). Islam & dinamika sosial politik di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Anisa, D. (2020). Hegemoni Wacana Islamophobia. Guepedia.

Arwin, M.A. (2013). Peran Interpol Indonesia di Wilayah Regional Asean (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanudin).

Lay, C. (2007). Nilai strategis isu lingkungan dalam politik Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 11(2), 153-172.

Mursit, A., Wahyono, A., Setiawan, Y. (2022). Strategi Peningkatan Ekspor Produk Kelautan dan perikanan ke pasar eropa. Jurnal Manajemen, 6(2), 9-24

Rahman, L. L. A. (2020). Implikasi Diplomasi Pertahanan Terhadap Keamanan Siber dalam Konteks Politik Keamanan. Jurnal Diplomasi Pertahanan, 6(2), 1-93.

Rieuwpassa, J. P. (2017). Peran Diplomasi Ekonomi Indonesia di Forum G20 dalam Pemenuhan Kepentingan Nasioal (Doctoral Dissertation Perpustakaan)

Sriyanto, S. (2022). Kapabilitas Pasukan Perdamaian Indonesia di Republik Demokratik Kongo. Jurnal Diplomasi Pertahanan, 8(1).

Syahdani, M. (2021). Regionalisme Dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP): Sebuah Perspektif. Jurnal Pena Wimaya, 1(1).

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Nia Andini, & Tamaulina Br.Sembiring. (2024). UPAYA PEMBANGUNAN KERJASAMA INDONESIA SLOVAKIA DALAM PENANGGULANGAN TERORISME. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1390–1396. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/683

Issue

Section

Articles