PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN SCRATCH PADA TOPIK "DI DAPUR" UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN DI HOTEL
Keywords:
media pembelajaran, bahasa Jerman di hotel, ScratchAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Jerman di hotel dengan topik ''di dapur'' menggunakan perangkat lunak Scratch. Penelitian ini menggunakan teori model pengembangan Richey dan Klein. Hal ini meliputi (i) tahap perencanaan, (ii) tahap pembuatan, (iii) tahap evaluasi. Data penelitian ini berupa kata-kata, gambar, materi dan soal latihan dengan topik "di dapur". Sumber data penelitian ini adalah buku Deutsch im Hotel dan internet. Penelitian ini dilakukan di laboratorium bahasa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran dengan software Scratch dengan topik "di dapur". Media pembelajaran ini terdiri dari 51 slide yang berisi frasa, contoh, latihan, dan informasi dari penulis. Terdapat total 30 soal dan jumlah total setiap tipe soal terdiri dari 10 soal, untuk setiap jawaban yang benar terdapat nilai dari 10 dan bunyi nada kemenangan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki nilai keseluruhan 92,5 (sangat baik). Media pembelajaran ini dapat diakses secara online dengan laptop dan telepon genggam.
Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Daryanto, (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media, 4-5
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar Khairunnisah Nasution. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Pada Topik Bumbu Dapur Tradisional Dengan Bantuan "Corel Video Studio X2. (Skripsi, Universitas Negeri Medan)
Hamzah (2019). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Ilham Aminullah Rusli . (2019). Pembuatan materi pembelajaran bahasa Jerman di hotel dengan topik metode memasak. (Skripsi, Universitas Negeri Medan)
Johan Edy Prayitno. (2017). Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Scratch untuk Materi Lensa.
Martanti, A. P. W, Hardyanto. & A. Sopyan (2013). Pengembangan Media Animasi Dua Dimensi Berbasis Java Scratch Materi Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika UNNES2(2): 19 25
Poppy Shania M. Sihombing . (2022). Mengembangkan Media Berbicara Dalam Pengajaran Teks Deskriptif Melalui Program Scratch Untuk Siswa Kelas Tujuh Di Smpn 27 Medan.
Septinus Kaloko. (2019). Pembuatan Unit Ajar Dengan Bantuan Aplikasi Blender. (Skripsi, Universitas Negeri Medan)
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.