PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI MOTODE KOMPETITIF PADA MATERI BOLA BASKET DI SD NEGERI LIDAH KULON 1 KOTA SURABAYA

Authors

  • Okta Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Anang Thohari SD Negeri Lidah Kulon 1 Surabaya

Keywords:

Kompetitif, Minat Belajar, Bola Basket

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Rasa Minat Belajar Pada Siswa Kelas Pada Konsep Metode Kompetitif. Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (Ptk), Dengan Jumlah Siswa 28 Orang Yang Berlokasi Di Sd Negeri Lidah Kulon 1 Kota Surabaya. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam Dua Siklus Dengan Masing-Masing Siklus Terdiri Dari Empat Langkah Dengan Menggunakan  Model Yang Dikembangkan Oleh Kurt Lewin, Yaitu (1)Perencanaan,(2)Tindakan,  (3) Pengamatan,(4)Refleksi. Dari Hasil Analisis Terdapat Peningkatan Minat Belajar Sebelum Tindakan Dibandingkan Dengan Setelah Tindakan Dengan Peningkatan Yang Signifikan. Sebelum Tindakan Rata-Rata Minat Belajar Siswa Kelas 6d Sebesar 62.7%, Sedangkan Setelah Diberikan Tindakan Mengalami Peningkatan Sebesar 87.2% Di Siklus 1 Dan 88.1% Di Siklus 2. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Metode Kompetitif Pada Demonstrasi Materi Dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 6d.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, K. S. 2022. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa Kelas Viimelalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pembelajaran dan Karya Guru. Volume 2 Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Machali I. 2022. Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Jurnal Indonesian Journal of Action Research. Volume 1 Nomor 2.

Nugraheni, W. 2019. Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Jurnal Jendela Olahraga. Volume 4, Nomor 2.

Nurkusuma, T. W., Hartanti S. C. Y. 2017. Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 01.

Septiani, I., Albertus D. L., Arif H., 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 9, Nomor 2

Siburian A., Siahaan E. A., Naibaho D. 2023. Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Volume 2 Nomor 2.

Suseno W., Ipung Y., Gatot M., 2017, Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt, Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 10

Yunita L., Kusmiati R., Afria D. N. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Problem Based Learning Pada Konsep Sistem Koloid. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi. Jakarta 28 September 2016: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Okta Setiawan, Sapto Wibowo, & Anang Thohari. (2024). PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI MOTODE KOMPETITIF PADA MATERI BOLA BASKET DI SD NEGERI LIDAH KULON 1 KOTA SURABAYA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2471–2478. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/891

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.