Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana BOS di SMK XYZ Jakarta

Authors

  • Ria Lindawati Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Akuntabilitas, Transparansi, Efektivitas

Abstract

SMK XYZ Jakarta adalah sekolah menengah kejuruan yang menerima Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dalam mengelola dana BOS, sekolah ini menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi, sehingga efektivitas pengelolaan dana BOS di sekolah ini dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SMK XYZ Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survey menggunakan kuesioner sebagai data primer. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan pegawai tata usaha. Hasil penelitian diketahui bahwa Akuntabilitas dan Transparansi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMK XYZ Jakarta dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 5% (0,000 < 0,05). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi juga ditunjukkan dengan hasil koefisien penentu (Determinasi) yang diperoleh dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi (r2) yaitu didapat hasil R Square sebesar sebesar 0,498. Berdasarkan pada pembahasan yang telah diuraikan serta hasil analisa data yang diperoleh maka penulis menyimpulkan bahwa akuntabilitas dan transparansi berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SMK XYZ Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit: Andi.

Rachman, D., Setiawan, D., & Reza. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektifitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SMA SASAMA. Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Rakhmawati, I., & Kudus, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. Journal AKTSAR, 1(1), 95–112.

Tahir, A. (2015). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Alfabeta.

Tanjung, A. A. P., Masnila, N., & Mubarok, M. H. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD Dan SMP Di Kota Prabumulih. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 990–1005. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.466

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Ria Lindawati. (2024). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana BOS di SMK XYZ Jakarta. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6625–6630. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1130

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.