PERAN PANCASILA DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DILINGKUNGAN MASYARAKAT

Authors

  • Alfioni Azahra UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Dea Ariesta Universitas Negeri Medan
  • Meitya Rachdaika Universitas Negeri Medan
  • Nurul Pratiwi Universitas Negeri Medan
  • Pami Jeciou Purba Universitas Negeri Medan
  • Triwanti R Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Windi Dwi Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Taufiq Ramadhan Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pancasila, Toleransi, Masyarakat

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk sikap toleransi antar umat beragama. Pancasila, dengan prinsip-prinsipnya yang menekankan pada kemanusiaan, persatuan, dan keadilan sosial, menyediakan landasan moral dan etika yang mendukung kerukunan antar umat beragama. Makalah ini menganalisis bagaimana Pancasila, melalui prinsip-prinsipnya, dapat dijadikan sebagai alat untuk mengedukasi dan mempromosikan toleransi antar umat beragama. Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan toleran, di mana setiap individu dapat hidup dalam kebebasan dan keadilan tanpa diskriminasi. Pancasila memiliki potensi besar untuk menjadi alat yang efektif dalam membangun sikap toleransi antar umat beragama. Melalui pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila, diharapkan dapat meningkatkan kerukunan dan kesatuan antar umat beragama dalam masyarakat Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi kepustakaan, atau yang sering disebut dengan Literature Review, adalah suatu pendekatan penelitian yang menggunakan data sekunder berupa literatur, jurnal, buku,artikel ilmiah, dan dokumen lainnya sebagai sumber utama informasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelina, Nini Tanamal. 2016. Implementasi Nilai Pancasila dalam Menangani Intoleransi di Indonesia. Jurnal Lembaga Ketahan Nasional Republik Indonesia, Vol. 8 no.3, 1-8.

Anandari Anatansyah Ayomi dan Dwi Afriyanto. 2022. Urgensi Sikap Toleransi Umat Beragama dalamTransformasi Masyarakat Era Society 5.0 Perspektif Islam. Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia. Vol 11(1).

Arfiansyah dkk. 2022. Toleransi Antar Umat Beragama Di Masyarakat Desa Jarak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2(2). 162-166.

Derung dkk. 2022. Membangun Toleransi Umat Beragama dalam Masyarakat yang Majemuk. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi. Vol 2(8). 258-263.

Fitriani, shofiah. 2020. Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman, vol 20. No. 2, h 179-192.

Hartani Mallia & Soni Akhmad Nulhaqim. 2020. Analisis Konflik Antar Umat Beragama Di Aceh Singkil. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik. Vol 2(2).

Ginting, Widiasari, Widodo. 2 Desember 2023. Peran Kampung Pancasila Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Toleransi di RW 03 Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Jurnal Kewarganegaraan. Vol 7(2).

Nur Irayanti. 2019. Penerapan Nilai-nilai Pancasila Melalui Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Batusitanduk Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan. Vol 3(1). 39-50.

Ryan, Guruh Aulia. 2023. Toleransi Antar Umat Beragama dalam Perspektif Islam. Jurnal Ushuluddin, vol 25 nomor 1, 18-29.

Sianturi & Dinie 202. Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan. Vol 5(1). 222-231.

Shaleh Ali Ismail & Fifiana Wisnaeni. 2019. Hubungan Agama dan Negara Menurut Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia. Vol 1(2)

Subandi, S. (2020). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan. Harmonia journal of arts research and education, 11(2), 62082.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Tamba dkk. 2023. Peran Pancasila Dalam Memupuk Persaudaraan Dan Toleransi Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat. Vol 1(4). 97-103.

Tlonaen, Saingo. Desember 2023. Peran Ideologi Pancasila Dalam Pembentukan Perilaku Anti Ekstremisme Agama. Kupang. Jurnal Multidisiplin West Science. Vol 2(12).

Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi mahasiswa sebagai agent of change dalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3), 96-101.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Alfioni Azahra, Dea Ariesta, Meitya Rachdaika, Nurul Pratiwi, Pami Jeciou Purba, Triwanti R Hasibuan, … Taufiq Ramadhan. (2024). PERAN PANCASILA DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DILINGKUNGAN MASYARAKAT. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4188–4197. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/544

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.